BOGOR, CEKLISSATU – Melihat potensi usaha kerajinan Kota Bogor yang dikembangkan, Pj   Ketua Dekranasda bersama Dinas UMKM keliling gerai kerajinan di Lippo Keboen Raya Bogor, Senin 2 September 2024.

Windy Wuryaning Tyas Primadini mengatakan, ingin melihat potensi usaha kerajinan UMKM yang dikembangkan oleh Dekranasda Kota Bogor.

Beberapa gerai kerajinan yang dikunjungi yaitu Kampung Jelujur Margajaya, Arae Ecoprint Bubulak, dan Gerai Deskranasda.

Baca Juga : Keren, Perajin Muda Kabupaten Bogor Tampil di Pameran Kriyanusa Jakarta, Ajang Unjuk Gigi UMKM se-Indonesia

“Potensi kerajinan di Kota Bogor sangat luar biasa, salah satunya adalah Kampung Jelujur dan ecoprint,” kata Windy kepada wartawan di Lippo Keboen Raya, Senin 2 September 2024.

“Ke depan kita akan coba untuk terus meningkatkan Dekranasda Kota Bogor,” tambahnya.

Salah satu gerai kerajinan yang dikunjungi adalah Kampung Jelujur, kata dia, memiliki potensi yang sangat bagus untuk dikembangkan.

Baca Juga : Mahasiswa KKN-T UNIDA Gelar Workshop UMKM dengan Tema Transformasi Berbasis Digital

Kata dia, Kampung Jelujur merupakan UMKM yang berbasis pemberdayaan masyarakat setempat.

Dia mengatakan, ide awalnya muncul saat Covid-19, dimana semua aktivitas warga terbatas, sehingga memunculkan potensi warga, salah satunya adalah membuat jelujur.

Jelujur sendiri yaitu teknik menjahit atau kayu yang dipasang mendatar sebagai penutup pintu kandang.

Baca Juga : Dekranasda Kabupaten Bogor Periode 2023-2024 Resmi Dikukuhkan, Komitmen Majukan Kerajinan Daerah

Seni jelujur di Kelurahan Margajaya itu bisa bertahan karena terus dijaga secara konsisten, serta warrga juga secara rutin memberi pelatihan kepada warga lain untuk mahir berjelujur.

“Untuk meningkatkan potensi ibu-ibu di Kelurahan Margajaya, dilakukan pelatihan gratis. Dan sekarang sudah hampir 40 perajin yang tercipta,” ujarnya.

Windy mengatakan, Gerai Dekranasda di Lippo Keboen Raya akan dijadikan tempat untuk memamerkan dan menjual hasil kerajinan UMKM di Kota Bogor.

Baca Juga : Tingkatkan Daya Saing, Dekranasda Kota Bandung Dorong Produk Lokal Go Internasional

“Untuk terus mengembangkan potensi UMKM di Kota Bogor, diperlukan promosi dan pemasaran yang mengikuti tren yang berkembang saat ini,”  kata Windy.

“Kita akan lihat potensinnya, juga pasarannya serta persaingannya. Dengan begitu kita menghasilkan sesuatu yang baru dan leebuih kompetitif dengan kerajinan yang lain,” tutup Windy.