JAKARTA, CEKLISSATUPasca pemecatan Hasyim Asy’ari dari Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Plt Ketua KPU Mochammad Afifuddin menegaskan bahwa komitmennya untuk melanjutkan tahapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Afifuddin menyampaikan itu dalam agenda Rakor Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 di Sumatera Utara, Selasa (9/7/2024).

"KPU Provinsi maupun Kabupaten/Kota siap melaksanakan Pilkada Serentak," ungkap Afifuddin.

Kemudian lanjut Afifuddin, proses tahapan pencalonan yang saat ini sedang berlangsung, menekankan pentingnya koordinasi dengan pemerintah serta stakeholder.

Baca Juga : Soal Pemecatan Hasyim Asy’ari dari KPU, Wapres Ma’ruf Amin Yakin Tak Ganggu Persiapan Pilkada

Afifuddin mengatakan, usai ditunjuk menjadi Plt Ketua KPU RI dirinya cukup massif membangun komunikasi dengan Mendagri guna mendiskusikan aturan terkait teknis pencalonan kepala daerah.

Selain itu lanjut Afifuddin, diskusi dengan Mendagri telah dilakukan untuk membahas teknis aturan terkait syarat usia kepala daerah, seiring dengan tindaklanjut putusan Mahkamah Agung.

“Kami nggak bisa sendiri. Maka, ini kita bahas bersama. Tentu dengan teman-teman Komisi II DPR, Bawaslu, (dan) seluruh pihak,” terang Afifuddin.

Diketahui, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) telah menjatuhkan sanksi pemecatan kepada Ketua KPU Hasyim Asy'ari karena terbukti melakukan pelecehan seksual terhadap seorang anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di Den Haag, Belanda, berinisial CAT.

Hasyim terbukti melakukan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu (KEPP) berupa tindak asusila.