JAKARTA, CEKLISSATU - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong berencana akan memanggil Elkan Baggott untuk perkuat skuad Garuda. Shin tertarik karena melihat perkembangan fisik Elkan yang semakin kuat dan kekar.

Apalagi tinggi badan Elkan 169 sentimeter dan cocok dipasangkan dengam Rizky Rido dan Jay Idzes di lini belakang.

Elkan Baggott absen memperkuat Timnas Indonesia melawan Vietnam pada Maret 2024 (Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia) serta Piala Asia U-23 2024 (April 2024) karena cedera. Ia sejatinya dipanggil memperkuat Timnas Indonesia U-23 untuk menghadapi Guinea U-23 di playoff Olimpiade Paris 2024 pada Kamis, 9 Mei 2024.

Namun, karena alasan yang tidak diketahui, Elkan Baggott tidak Bergabung. Setelah itu, Shin Tae-yong mengabaikan Elkan Baggott saat Timnas Indonesia menjamu Irak dan Filipina di dua laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 6 dan 11 Juni 2024. Padahal, saat itu Elkan Baggott dalam kondisi bugar.

Banyak yang menduga, Shin Tae-yong tidak memanggil Elkan Baggott pada Juni 2024 karena kecewa bek Ipswich Town itu tidak gabung skuad Timnas Indonesia U-23 jelang menghadapi Guinea U-23.

Namun, sebagai pelatih profesional, Shin Tae-yong pasti memiliki pertimbangan tersendiri kenapa tidak menyertakan mantan bek Bristol Rovers tersebut. Setelah tidak dipanggil Shin Tae-yong pada Juni 2024, Elkan Baggott tidak bersantai ria.

Pada pekan ini, ia kembali bersama sang klub yang baru saja merasakan promosi ke Premier League, Ipswich Town. Dalam foto yang diunggah Elkan Baggott di akun Instagram-nya, @elkanbaggott, terlihat fisik bek 22 tahun itu begitu kuat.

Kondisi itu disinyalir membuat Shin Tae-yong takjub. Alhasil, Shin Tae-yong Berpotensi memanggil Elkan Baggott untuk memperkuat Timnas Indonesia menghadapi Arab Saudi (5 September 2024) dan Australia (10 September 2024) di dua laga awal Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kebetulan saat menghadapi Australia, Timnas Indonesia tak dapat Diperkuat dua bek andalannya karena harus menjalani sanksi akumulasi kartu, yakni Jordi Amat dan Justin Hubner. Sekjen PSSI, Yunus Nusi, pun mengatakan Komunikasi antara Elkan Baggott dan PSSI terus berjalan.

"Iya ada (komunikasi), anak-anak tim sama head of timnas kita juga ada komunikasi,” kata Yunus Nusi.

Tidak ada alasan bagi Shin Tae-yong untuk tidak memanggil Elkan Baggott pada September 2024. Elkan Baggott dapat membentuk trio tangguh di lini pertahanan Timnas Indonesia bersama Rizky Ridho dan Jay Idzes.