JAKARTA, CEKLISSATU - PSSI melalui Komite dan Departemen Wasit menggelar Refereeing Workshop for Media pada Senin (8/7) di kantor PSSI, GBK Arena, Jakarta.

Pada acara tersebut hadir Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha Destria. Selain itu, Wakil Ketua Komite Wasit, Yoshiwi Ogawa dan Kepala Departemen Wasit, Pratap Singh yang memberikan materi workshop tersebut.

Materi Refereeing workshop yakni pembahasan soal Laws of the Game (LOTG) 2024/2025, Video Assistant Referee (VAR) Implementation di Liga 1, Refer System, dan lain-lainnya.

"Peran media sangat penting, karena mereka mengamati, menulis artikel pertandingan serta memberikan informasi ke publik. Jika mereka memiliki pemahaman yang baik mengenai wasit atau laws of the game tentu menjadi hal yang positif untuk semua," kata Yoshiwi Ogawa. 

"Ini momen kedua saya memberikan workshop terkait wasit kepada rekan-rekan media. Tentu kami sangat senang, apalagi rekan-rekan media yang hadir sangat banyak. Kami berencana membikin workshop ini enam pekan sekali kepada mereka (media)," tambahnya.

Sementara itu, salah satu perwakilan media sekaligus ketua PSSI Pers, Taufiq Ardiansyah mengaku senang dengan program Refereeing Workshop for Media dari PSSI. Ia menyebut workshop ini menjadi pengalaman dan sharing ilmu yang baik kepada dirinya maupun rekan-rekan media. Apalagi workshop ini telah berlangsung dua kali dalam enam bulan terakhir ini.

"Terimakasih dan apresiasi kepada PSSI yang memberikan kesempatan kami untuk mengikuti Refereeing Workshop. Materi yang diberikan sangat berguna bagi kami dan menjadi bekal serta referensi yang baik dalam menulis berita atau membikin konten tentang pertandingan atau wasit," kata Taufik yang notabene wartawan Jawa Pos.