BOGOR, CEKLISSATU - Masyarakat yang tinggal di kaki Gunung Salak, Kabupaten Bogor diminta waspada gempa tektonik. Karena, terjadi peningkatan gempa di kawasan gunung api aktif tersebut.

"Memang kita ini hidup diantara dua kaki gunung, Gunung Gede dan juga Gunung Salak aktif. Kami meminta menghimbau kepada warga yang rumahnya di kaki gunung itu harus waspada dan mitigasi kami di BPBD dengan adanya himbauan di vulkanologi itu bagaimana pencegahannya," kata Iwan kepada wartawan, Rabu (13/12/2023).

Iwan pun meminta kepada BPBD untuk melakukan evaluasi dan mengkaji dengan memetakan wilayah mana saja yang akan terdampak gempa.

Baca Juga : PVMBG Sebut Gunung Salak Tak Ada Peningkatan Aktivitas Vulkanik, Meski Ada Gempa Tektonik

"Kalaupun terjadi kita sudah ada edukasi, pelatihan atau pencegahan dari Destana (Desa Tangguh Bencana), vulkanologi yang kita punya ini BPBD mungkin rapat khususlah. Pertama, kita akan menarik, melihat dulu kontruksi mana yang terdampak bilamana itupun harus diantisipasi. Mungkin nanti BPBD kami instruksikan untuk mengevaluasi atau mengkaji dari garis bentangan kaki Gunung Salak itu kecamatan mana aja, karena memang tersebar kan ada dari Cijeruk sampa Sukajaya kalau tidak salah," ungkapnya.

Sementara itu, Pemantau Pos Gunung Salak Kawa Sungkawa mengatakan berdasarkan pengamatan visual aktivitas Gunung Salak masih normal. Adapun gempa yang terjadi yakni gempa tektonik.

"Aktivitas Gunung Salak kami di pos kami visual normal normal aja, tidak ada peningkatan apa-apa. Adapun gempa-gempa itu biasa yang terekam di seismograf cuma tektonik itu pun tidak banyak sehari paling 3 paling banyak 5 sehari tidak ada aktivitas peningkatan," ucap Kawa, dikonfirmasi.

Namun, yang perlu dikhawatirkan yakni terkait longsoran di kawasan atau kaki Gunung Salak. Terutama pada musim penghujan ini, sehingga para pendaki untuk tidak mendekati sekitar kawah.

"Status normal normal aja tidak ada peningkatan dari status gunung. Musim hujan ini dihawatirkan longsoran di sekitar kawah makanya diimbau kepada pendaki musim hujan ini jangan sampai mendekat dulu di sekitar kawah apalagi berkabut," tandasnya.