JAKARTA, CEKLISSATU - Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono akan membuat DKI Jakarta bebas dari kemiskinan di 2024 mendatang melalui peningkatan ketahan kota.

Heru mengatakan, peningkatan ketahanan kota melalui penguatan ekonomi dan pemantapan kualitas pelayanan dasar. Hal ini sesuai dengan perencanaan dalam dokumen Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2023-2026.

Heru meminta kepada jajarannya agar program pembangunan daerah yang direncanakan mampu memacu pertumbuhan ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup.

Baca Juga : Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat

"Sehingga target pembangunan 2024 tercapai dengan efektif dan efisien," kata Heru Budi dalam keterangannya, Rabu 15 Februari 2023.

Jakarta memiliki sejumlah program prioritas meliputi meliputi penanganan banjir, kemacetan, tata ruang, pengentasan stunting, hingga penanganan kemiskinan ekstrem. 

"Selain menargetkan kemiskinan ekstrem nol persen, kita juga menargetkan penurunan angka stunting di bawah 5%," ucap Heru.

Perekonomian DKI Jakarta pada 2022 tumbuh 5,25 persen (c-to-c) dan inflasi terjaga pada kisaran 3+1 persen (y-o-y). Capaian pada tahun 2022 ini tentunya merupakan kabar baik di tengah prakiraan perlambatan ekonomi pada 2023. Perekonomian Jakarta juga diproyeksikan tumbuh 6,4 persen pada 2024.

Jakarta sebagai kota global perlu sigap dalam mengantisipasi kemungkinan penurunan kondisi perekonomian dampak dari konflik internasional.

"Menyikapi kondisi tersebut maka ketahanan Jakarta dalam menghadapi berbagai kondisi sangat diperlukan," tutup dia.