BOGOR, CEKLISSATU -- Diguyur hujan deras sejak sore mengakibatkan tanah longsor melanda kampung Cikereteg Desa Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Sabtu (29/6/2024) sekitar pukul 17.30 WIB.

Kejadian tersebut juga menyebabkan jalan lingkungan terputus.

Kronologis kejadian bermula ketika seorang warga, Yayan, yang berada di rumahnya tepat di bawah jalan lingkungan, mendengar suara gemuruh dan merasakan getaran tanah

Tidak lama kemudian, longsor pun terjadi, memutus akses jalan lingkungan di Kampung Cikereteg.

Baca Juga : Perumda Tirta Pakuan Pastikan Distribusi Air ke Pelanggan Tetap Aman Pasca Longsor di Kampung Ciburial Bogor

Kapolsek Caringin, AKP Hendra Kurnia melalui Bhabinkamtibmas Desa Ciderum dan  Babinsa serta instansi terkait bersama warga masyarakat sekitar langsung mengambil tindakan dengan mengamankan TKP dan memasang rambu-rambu peringatan agar warga tidak melintasi area longsor.

IMG_20240630_091346.webp
CEK LOKASI: Polsek Caringin bersama TNI dan instansi terkait cek lokasi tanah longsor terjadi di Desa Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Sabtu (29/6/2024).

"Penghuni rumah di sekitar lokasi juga telah  diimbau untuk sementara pindah ke tempat yang lebih aman," ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima ceklissatu.com, Minggu (30/6/2024).

Selanjutnya Polsek Caringin langsung ber Koordinasi dengan BPBD, Pemerintah Desa Ciderum, Ketua RT/RW, dan tokoh masyarakat setempat dilakukan untuk menangani dampak kejadian ini. 

Baca Juga : Longsor Tutup Akses Warga di Kampung Ciburial Bogor, Perumda Tirta Pakuan Bantu Turunkan Alat Berat

"Upaya penanganan lebih lanjut akan terus dilakukan guna memulihkan kondisi di lokasi kejadian, dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa," terangnya.

AKP Hendra Kurnia mengimbau warga untuk selalu waspada terhadap potensi bencana, terutama saat cuaca ekstrem, dan segera melaporkan kejadian serupa kepada pihak berwenang.

"Kondisi masih dalam pemantauan dikhawatirkan akan ada longsor susulan, dan diperlukan kerjasama dalam hal penanganan ini sebagai keselamatan bersama," pungkasnya.