BOGOR, CEKLISSATU - Kementerian Perhubungan akan menyiapkan angkutan massal gratis untuk masyarakat pada momen libur dan mudik Natal dan Tahun Baru. Sehingga, masyarakat diimbau untuk tidak  menggunakan motor.

Hal itu dikatakab Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai meresmikan Skybridge Stasiun Bojonggede, Sabtu (9/12/2023).

"Saya mention lagi bahwa ada kenaikan 43 peesen, sehingga yang mudik itu 107 juta dalam kurun waktu katakanlah 12-13 hari. Sama sebenarnya yang ingin saya sampaikan, dengan segala kerendahan hati, jangan menggunakan motor. Kami sediakan angkutan massal, kami sediakan bus gratis, kereta gratis, kapal gratis," katanya kepada wartawan, Sabtu (9/12/2023).

Budi mengatakan, imbauan ini terkait keselamatan dalam berkendara dan menekan angka kecelamaan lalu lintas. Apalagi jika berkendara dengan jarang tempuh yang jauh.

Baca Juga : Menteri Perhubungan Resmikan Skybridge Bojonggede, Budi Karya Sumadi: Ini Kedua di Indonesia

"Tapi bukan berarti jangan naik motor, boleh, tapi jarak dekat aja, kalau jauh itu bahaya. Dan itu sekali lagi saya ngomong, berbanding lurus dengan kecelakaan. Berbanding lurus dengan noise atau kebisingan untuk lingkungan," jelasnya.

Diharapkan pada libur Natal dan Tahun Baru 2024 ini semua berjalan dengan lancar. Termasuk untuk pergi berlibur masyarakat diimbau tidak bepergian ke tempat yang jauh.

"Jadi itu message yang utama, yang lain, mudah-mudahan kita bisa menyelesaikan mudik ini dengan baik karena harinya panjang, liburnya panjang, dan ada beberapa titik. Apapun kalau saya boleh imbau, kalau bisa berlibur dekat-dekat, jangan jauh-jauh," tutur Budi Karya.