BOGOR, CEKLISSATU - Semburan air bercampur gas terjadi di wilayah Desa Pasirlaja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor pada Rabu 11 Oktober 2023. Saat ini, semburan masih berlansung dan dalam penanganan pihak terkait.

Kapolsek Sukaraja Kompol Birman Simanulang mengatakan peristiwa itu berawal adanya pengeboran sumur. Karena, di lokasi warga kesulitan mendapatkan air di tengah musim kemarau.

"Karena ini musim kemarau, berusaha untuk mendapatkan air dengan melakukan pengeboran," kata Birman, Kamis (12/10/2023).

Baca Juga : Ini yang Dibahas Ganjar Pranowo Bersama Para Kyai di Ponpes Al Falak Pagentongan Bogor

Tetapi, pengeboran sumur yang sudah dilakukan sekitar satu bulan tidak membuahkan hasil. Padahal, kedalamannya kurang lebih sudah 130 meter.

"Kemarin sore, yang mengebornya itu ada rasa putus asa, jadi mengambil peralatannya dinamo. Tau-tau, tiba-tiba ada semburan air campur gas, itu yang terjadi sampai sekarang," ungkap Birman.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor M. Adam mengatakan ada puluhan warga yang tinggal di sekitar lokasi diungsikan sementara ke tempat yang lebih aman.

"Yang terdampak 59 jiwa diungsikan ke rumah kerabat," ujar Adam.

Kata dia, perlu penanganan lebih lanjut dari pihak-pihak yang terkait dalam kejadian tersebut. Termasuk pemeriksaan lebih jauh kandungan gas yang keluar.

"Perlu pengecekan kandungan gas dan zat kimia di lokasi," tutupnya.