BOGOR, CEKLISSATU - Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bangka 3 Kota Bogor punya segudang prestasi. Selama setahun terakhir ini, tercatat 118 piala diraih baik tingkat Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat hingga tingkat nasional.

Terakhir sekolah ini meraih juara pertama pada final lomba baris berbaris saat kegiatan Apel Besar Paskibraka Se-Jawa Barat Tahun 2023 di halaman belakang, Gedung Sate, Kota Bandung, Minggu, 20 Agustus 2023.

Sekilas mendengar nama SDN Bangka 3 bukan berada di Kota Bogor. Nama Bangka lebih familiar dengan sebuah pulau di Provinsi Bangka Belitung.

Ya, Bangka Belitung ini terkenal dengan lokasi syuting film Laskar Pelangi  yang menceritakan semangat anak-anak sekolah dasar dalam menggapai cita-citanya di tempat belajar yang serba kekurangan.

Nah, rupaya semangat anak-anak di film Laskar Pelangi dari Pulau Bangka Belitung ini  tercermin dari semangat anak-anak SDN Bangka 3 di Kelurahan Baranangsiang.

Lokasi sekolah SDN Bangka 3 ini berada di Jalan  Bangka Nomor 78 RT 1/RW 1 Kelurahan Baranangsiang Kecamatan Bogor Timur atau tepatnya berada di sebelum Jembatan Otista yang saat ini sedang dalam  pelebaran.

Sekolah  yang dipimpin Kepala Sekolah Reni Royani  ini memiliki segudang prestasi akademik maupun non akademik. Bahkan untuk menampung piala-piala yang terkumpul selama satu tahun, ruang kepala sekolah pun penuh sesak.

Bayangkan 118 piala dari perlombaan tingkat kecamatan, Kota Bogor, Jawa Barat hingga tingkat nasional selalu diraih siswa-siswi SDN Bangka 3.

Misalnya saja pada 2023 ini meraih juara 1 dan 3 pramuka siaga tingkat nasional di Bumi Perkemahan Cibubur.  

Masih di Pramuka, penggalangnya juga meraih juara pertama se-Kota Bogor untuk pertolongan pertama gawat darurat (PPGD). Begitu juara 3 dokter cilik tingkat Kota Bogor dan juara 2 untuk putra dan juara 3 untuk putri juara turnamen bola voli tingkat Kota Bogor.