BOGOR, CEKLISSATU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, berencana menaikkan status kondisi di wilayahnya menjadi darurat bencana pasca ratusan rumah rusak akibat peralihan musim beberapa hari belakangan ini.

Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan, saat ini status tanggap darurat bencana tersebut tengah disusun oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Penyusunan status tanggap darurat bencana Kabupaten Bogor oleh BPBD ini agar penanganan bencana yang merusak ratusan bangunan bisa dilakukan dengan cepat dan semaksimal mungkin," kata Iwan, Jumat 3 November 2023.

Baca Juga : Bupati Bogor Gunakan BTT untuk Bantu Perbaikan Rumah Rusak Akibat Bencana

Iwan mengaku sudah membahas hal tersebut dalam rapat yang dilaksanakan secara bersama dengan BPBD termasuk Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) dan Dinas Sosial (Dinsos) yang memiliki keterkaitan pada penanganan rumah rusak akibat bencana.

"Kita sudah rapat dan hasil kajian kita perlu mengeluarkan anggaran yang bersumber dari belanja tidak terduga (BTT) untuk membantu warga terdampak bencana. Dan status tanggap daruratnya sedang disusun, insyaallah bisa segera keluar,” jelasnya.