Puluhan Wartawan Gelar Aksi di Dewan Pers Tuntut PWI Gelar KLB

JAKARTA, CEKLISSATU - Puluhan wartawan terdiri dari anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) berunjukrasa di depan Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Selasa (23/7/2024) menuntut agar PWI melakukan Kongres Luar Biasa (KLB).

Penanggung jawab aksi unjukrasa Edison Siahaan mengatakan, cara KLB adalah satu-satunya upaya efektif untuk menyelesaikan berbagai masalah yang terjadi di tubuh PWI saat ini.

Keletihan ini jadi pertikaian yang begini panjang sejak awal Januari dan kalau gak salah awal Februari yang tidak ada menemukan solusi, yang muncul hanyalah gugat menggugat, lapor -melapor membuat kita terus terang tidak nyaman,” ucap Edison di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Selasa (23/7/2024).

Dikatakannya, Dewan Kehormatan (DK) PWI sudah menerbitkan surat untuk dibentuk KLB. Surat itu ditujukan kepada Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat dan para Ketua PWI seluruh Indonesia.

" Kita menilai bahwa KLB satu -satunya solusi yang bisa membuat suasana menjadi kondusif. Apapun hasil solusi itu, hasil KLB itu, ya harus kita taati sebagai anggota,” ucapnya.

Penanggung jawab aksi lainnya Ronni Kusuma berharap, PWI Pusat bisa diganti dengan orang orang berintegritas. Dia mendorong agar PWI membuat inovasi agar kualitas jurnalis semakin baik.

Selain itu Ronni meminta agar PWI pusat memperhatikan seluruh anggotanya di Indonesia. Menurutnya, kondisi media saat ini semakin sulit.

“kita harus sama -sama wujudkan ini Agar KLB segera terjadi sehingga tampu pemindahan di PWI pusat ini ditempati orang -orang integritas dan juga memiliki marwah ke PWI, dan menjadikan PWI terus menjadi lebih baik, ” ujarnya.

" Persaingannya sekarang udah bukan urusan uang -uang lagi ini, ya, profesi jurnalis harus dikembalikan SDM-nya meningkatkan kemampuannya, gitu ya sudah sekarang zaman AI, jangan mikirin duit -duit lagi, AI ini, latih semua anggota PWI,” pungkasnya.