BOGOR, CEKLISSATU- Puluhan Rumah di Desa Sadeng, Bogor tersapu banjir bandang pada Senin 24 April 2023 malam.

Selain menganjurkan puluhan rumah, banjir bandang tersebut juga membuat 2 warga mengalami luka berat dan 30 lainnya luka ringan.

Tak ada korban jiwa dalam bencana tersebut, namun seluruh barang warga rusak dan hanyut terbawa banjir bandang.

Sebanyak 383 jiwa yang berasal dari RT 01 sampai RT 04 mengungsi ke Masjid Jami Baiturahman.

Baca Juga : Paska Banjir Bandang di Cianjur Warga Bersihkan Lumpur Sisa Banjir

Sementara itu, sebagian warga lainnya dibantu aparat gabungan hari ini sudah memulai membersihkan rumah-rumah mereka yang sempat terendam lumpur.

Sejumlah bencana yang terjadi di kawasan Kabupaten Bogor membuat Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) segera mengeluarkan status tanggap darurat bencana.

“Saya sudah menginstruksikan BPBD mencatat seluruh kerugian materiil dan non-materiil atas bencana yang terjadi kemarin. Setelah itu mengeluarkan status tanggap darurat bencana,” kata Iwan kepada wartawan, Selasa 25 April 2023.

Iwan mengatakan, penetapan status itu penting agar penanganan bencana bisa lebih maksimal. Salah satunya melalui dukungan anggaran yang memadai.

"Besok kita jadwalkan rapat penanganan bencana dengan seluruh stakeholder terkait. Hari ini petugas masih bersiaga di lapangan untuk membantu warga dan berjaga-jaga di lokasi bencana," tutup Iwan.