BOGOR, CEKLISSATU - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor telah mendatangi RS Sentosa, untuk ikut menyelesaikan kasus bayi tertukar, antara bayi Siti Mauliah (37) dengan pasien B, setahun lalu.

Sekertaris Dinkes Kabupaten Bogor, Agus Fauzi mengatakan, kunjungan yang dilakukan pihaknya kemarin itu dipimpin langsung oleh Kadinkes, Mike Kaltarina.

"Kemarin sore, bu kadis langsung ke sana. Kita koordinasi dengan Rumah Sakit Sentosa. Kita minta kronologinya dari rumah sakit tersebut sudah kita lakukan," jelas Agus, kepada wartawan, Rabu 16 Agustus 2023.

Baca Juga : 15 Perawat RS Sentosa Bogor Dinonaktifkan, Diduga Kelalaian Kasus Bayi Tertukar

Dari hasil kunjungannya itu, Agus mengatakan, bahwa RS Sentosa telah menjelaskan Standar Operasional Prosedur (SOP) proses persalinan. 

Menurutnya, secara prosedur telah ditempuh oleh pihak rumah sakit.

"Secara SOP sudah sesuai aturan. Cuma saat ini sudah menjadi ranah kepolisian. Kami dari dinkes menjalankan tupoksi sebagai pembina, fasilitator, koordinator rumah sakit di Kabupaten Bogor," jelasnya.

Agus mengakui, pihaknya belum berencana menemui pasien B atas alasan psikologis yang bersangkutan. "Kondisi sekarang, mungkin ibu B tertekan, banyak faktor penyebabnya, salah satunya dari ibu S," jelasnya.


ERUL