Polisi Periksa ATC dan Klub Penerbang

TANGERANG,CEKLISSATU, Pihak kepolisian sudah melakukan pemeriksaan  terhadap pihak air traffic controller (ATC) dan Indonesia Flying Club (IFC) terkait kasus pesawat tipe Tecnam P2600T dengan nomor registrasi PK-IFP yang terjatuh di kawasan BSD, Serpong, Tangerang Selatan. 

"Polisi masih menyelidiki kasus tersebut dan sudah melakukan pemeriksaan terhadap pihak air traffic controller (ATC) dan Indonesia Flying Club (IFC)," ujar Kasi Humas Polres Tangsel, AKP Agil, Rabu (22/5/2024).

Menurut AKP Agil pihak kepolisian sudah mengumpulan bahan keterangan awal dan klarifikasi terhadap beberapa pihak terkait."Mereka antara lain saksi-saksi di TKP, pihak ATC dan General Affair IFC telah kami laksanakan," tambahnya.

Pemeriksaan dilakukan guna mengetahui rute dan mengungkap penyebab jatuhnya pesawat yang memakan korban jiwa sebanyak 3 orang tersebut pada Minggu (19/5) lalu. 

"Untuk mengetahui gambaran sementara rute pesawat serta waktu penerbangan dari pertama take off hingga ditemukan kecelakaan di TKP," jelasnya.

Polisi juga berkoordinasi dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk mengusut kasus tersebut. 

"Terkait investigasi untuk menyelidiki sebab-sebab kecelakaan pesawat saat ini masih berproses dan ditangani KNKT," lanjut Agil. 

Sebelumnya, diketahui pesawat yang terjatuh itu adalah milik Indonesia Flying Club. Pesawat tersebut pun hancur, menyebabkan tiga korban jiwa yang terdiri dari pilot, co-pilot, dan mekanik.