JAKARTA, CEKLISSATU – Akhirnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih logo untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, dan logo Pohon Hayat karya Aulia Akbar yang terpilih melalui proses sayembara.

Pohon Hayat dipilih karena melambangkan sumber kehidupan, dianggap sesuai dengan IKN yang akan menjadi sumber kehidupan masyarakat Indonesia.

"Ini Pohon Hayat, pohon kehidupan dan kita semua berharap logo ini menginspirasi IKN untuk menciptakan tempat kehidupan baru bagi kita semua yang jadi sumber kehidupan masyarakat Indonesia nantinya," kata Jokowi di Istana Negara, Rabu 31 Mei 2023.

Baca Juga : IKN Minta Ditunda, Sri Mulyani: IKN Tetap Dibangun

Jokowi berharap logo itu memperkuat ikhtiar dalam percepatan pembangunan IKN.

Jokowi lalu membandingkan IKN dengan kota lain dunia. Menurutnya, Indonesia siap menjadi negara besar dengan ibu kota baru.

"Ada New York, ada Washington DC, ada Sydney, ada Canberra, ada di sini Jakarta, ada di sana Nusantara. Indonesia akan menjadi negara besar, negara besar, bangsa besar," ujar Jokowi.

Untuk diketahui 500 ribu warga mengikuti pemungutan suara di situs IKN Nusantara untuk memilih logo, dari sayembara yang diikuti sekitar 500 desainer.

Sepuluh logo pilihan curator kemudian diserahkan kepada Presiden Jokowi untuk dipilih 5 logo yang akan diikutsertakan dalam sayembara.