BOGOR, CEKKISSATU – Peringati Hari Jadi Bogor atau HJB ke-542, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor berikan layanan vaksinasi rabies gratis, Senin 3 Juni 2024.

Peringatan HJB ke-542 dengan vaksinasi gratis itu dilakukan serentak di Puskesmas Hewan (Puskeswan) Wilayah IV Kabupaten Bogor, Laladon Kecamatan Ciomas.

Kepala Puskeswan Wilayah IV Kabupaten Bogor, Irmawati mengatakan, menargetkan sebanyak-banyaknya pemberian vaksinasi rabies gratis.

“Masyarakat sangat antusias, artinya masyarakat sudah baik kepeduliannya terhadap kesehatan hewan peliharaan mereka,” kata dia.

Irmawati mengatakan, selain hari ini, masyaeakat dapat melakukan vaksinasi rabies di Puskeswan Wilayah IV Kabupaten Bogor setiap Senin sampai Jumat dari pukul 08.00 WIB sampai 14.00 WIB.

Sementara itu, Kasubag TU dan Dokter Hewan Penanggung Jawab Puskeswan Wilayah IV Kabupaten Bogor, Titik Herawati menerangkan, vaksinasi rabies ini sangat penting sebagai upaya untuk mencegah dan mengendalikan penyakit Rabies.

Hewan yang divaksin hari ini terdiri dari anjing, kucing dan musang, untuk hewan qurban dilakukan secara jemput bola ke lapak dan peternakan yang ada di wilayah IV Kabupaten Bogor.

Menurutnya, sebelum hewan mendapatkan vaksinasi rabies, hewan-hewan tersebut harus melalui tahap pemeriksaan.

Untuk usia minimal 3 bulan yang bisa dilakukan vaksinasi rabies.

“Semoga melalui layanan vaksinasi rabies gratis ini masyarakat semakin sadar akan kesehatan hewan terutama rabies karena ini jadi tanggung jawab kita semua,” ujarnya.