BOGOR, CEKLISSATU - Mahasiswa Administrasi Publik (ADP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (Unida), lakukan observasi dan wawancara terkait penerapan nilai-nilai pancasila di masyarakat Desa Ciburuy Kecamatan Cigombong pada hari Senin  (17/10/2023).


Kegiatan pengamatan ini, merupakan bentuk dari pelaksanaan tugas mata kuliah Pendidikan Pancasila berbasis Project Based Learning (PJBL) yang telah diterapkan Unida, topik penugasan merupakan inisiasi dari mahasiswa yang telah mengidentifikasi awal permasalahan yang saat ini marak terjadi di masyarakat khususnya berkenaan bagaimana penerapan nilai-nilai pancasila ditengah kehidupan masyarakat. 


Dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Pancasila Faisal Tri Ramdani  menyampaikan, ucapan terima kasih dan menjelaskan penugasan Pendidikan Pancasila berbasis PJBL

Baca Juga : Harga Gula Meroket, Plt Mentan Minta Impor Disegerakan


"Terima kasih kepada Belmawa Dikti yang telah memberikan kepercayaan kepada Unida dalam pelaksanaan Bantuan Pengembangan Model Mata Kuliah Wajib pada Kurikulum Perguruan Tinggi  tahun 2023 sehingga menambah wawasan bagi dosen pengampu dan mahasiswa untuk mencapai  CPMK dengan model pembelajaran yang bervariatif dan bermakna. Dengan penugasan mata kuliah berbasis PJBL diharapkan mahasiswa dapat menjadi problem solver dalam menghadapi permasalahan di  masyarakat," ucapnya.


Valentina Febri selaku mahasiswa menyampaikan, kesan menarik dalam penyelesaian tugas mata kuliah Pendidikan Pancasila  berbasis PJBL.


"Saya dan rekan-rekan kelompok sangat antusias dalam penyelesaian tugas, selain menambah pengalaman baru untuk melakukan wawancara langsung kepada masyarakat, melalui penugasan ini juga kami bisa terjun langsung dan mengetahui secara langsung bagaimana nilai-nilai pancasila diterapkan dilingkungan masyarakat dan dapat berkontribusi untuk penyelesaian masalah nilai-nilai pancasila di desa yang sudah kita observasi," ucapnya.


Marsinah selaku masyarakat Desa Ciburuy menyampaikan, penerapan nilai-nilai pancasila di Desa Ciburuy berjalan baik dan terus ditingkatkan. 


"Penerapan nilai-nilai pancasila di Desa Ciburuy berjalan  baik, seperti dalam pelaksanaannya kami selalu mengutamakan musyawarah dalam menyelesaikan masalah secara mufakat dan pelaksanaan gotong royong yang ada di desa berjalan aktif karena partisipasi masyarakat yang tinggi, walaupun memang masih perlu ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan," pungkasnya.


Sebagai informasi output penyelesaian tugas nantinya akan berupa makalah, video pelaksanaan kegiatan dan artikel ilmiah yang nantinya akan dijadikan sebagai referensi dalam pembelajaran.