BOGOR, CEKLISSATU - Rencana Pemkab Bogor untuk merelokasi pedagang ke area Terminal Leuwiliang ditolak. Kabarnya, lahan untuk tempat penampungan sementara (TPS) itu pun batal digunakan.

Direktur Umum Perumda Pasar Tohaga, Dadun Abdurazaq mengatakan, penolakan itu dilakukan pedagang lantaran dinilai jauh dari lokasi awal yang harus membuat mereka mengulang usahanya dari nol.

Selain itu, lanjutnya, lahan tersebut tidak dapat menampung sekitar 1.231 pedagang yang terdampak kebakaran Pasar Leuwiliang. Sehingga pedagang menginginkan lokasi barunya tak jauh dari pasar yang terbakar.

Baca Juga : Polisi Temukan Titik yang Jadi Sumber Kebakaran Pasar Leuwiliang 

"Setelah kita jajaki semuanya baik teknis maupun nonteknis, area Terminal Leuwiliang tidak bisa menampung seluruh pedagang yang terkena dampak kebakaran," kata Dadun kepada wartawan, Selasa 3 Oktober 2023.

Dadun menyebutkan, usulan yang datang langsung dari para pedagang itu merupakan hasil pertemuan yang dilakukan belum lama ini.

"Hasil rapat bersama Muspika dan paguyuban pedagang (belum lama ini), opsi yang berkembang lokasi relokasi adalah di sekitaran pasar terbakar menggunakan jalan-jalan yang ada di lingkungan pasar atau jalan dan trotoar dalam pasar," ujar Dadun.

ERUL