Jakarta, ceklissatu.com – Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Plaza BPJamsostek, Suhuri, menerima kunjungan Ketua DPRD Kabupaten Purwakarta, Ahmad Sanusi pada Senin, 01/04/2024. Dalam pertemuan koordinasi sekaligus konsultasi tersebut, DPRD Purwakarta mengamini betapa pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para pekerja khususnya di Purwakarta.

“Selama ini yang masyarakat tahu BPJamsostek hanya diberikan untuk pekerja pabrik saja, tapi ternyata tidak. Semua pekerja bisa menjadi peserta.” Kata Ahmad Sanusi.

Atas kondisi tersebut, ia menyarankan adanya sosialisasi dan edukasi lebih lanjut dari BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat luas. Wakil Ketua DPRD Purwakarta, Sri Puji Utami menambahkan bahwa sosialisasi diperlukan karena masih ada penduduk yang bingung terkait penggunaan BPJS Ketenagakerjaan.

“Masih ada masyarakat yang kebingungan tentang manfaatnya, membawa kartu BPJS Ketenagakerjaan ke fasilitas kesehatan ketika sakit, padahal seharusnya untuk kecelakaan kerja.” Ucapnya.

Untuk itu, Sri berharap dapat terjalin kerja sama yang baik antara BPJS Ketenagakerjaan dengan pemerintah daerah Purwakarta untuk memastikan berjalannya sosialisasi masif dan terdaftarnya masyarakat pekerja.

“Nanti bisa sosialisasi langsung ke desa dan RT/RW. Tujuannya terutama supaya masyarakat yang bekerja bisa terlindungi dari risiko kecelakaan kerja dan punya tabungan hari tua.”

Menanggapi saran dan masukan tersebut, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Plaza BPJamsostek, Suhuri berterima kasih dan memastikan bahwa BPJamsostek akan terus melakukan peningkatan pelayanan.

Suhuri juga menjelaskan sedikit mengenai teknis pengajuan klaim dan penggunaan aplikasi JMO.

 “Meskipun tidak ada sistem yang sempurna terutama di bidang jasa pelayanan, namun kami terus melakukan mitigasi risiko dan penyempurnaan layanan demi meningkatkan kepuasan peserta.” Katanya.