BOGOR, CEKLISSATU - Program Sekolah Bersinar (Bersih Narkoba) yang digencarkan Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu, guna mencegah peredaran narkoba di kalangan siswa sekolah khususnya tingkat SD dan SMP. Mendapat apresiasi dari Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto.


Menurut Rudy Susmanto, program Sekolah Bersinar itu salah satu upaya yang baik agar generasi sekolah terhindar dari bahaya narkoba.


“Ini program yang bagus dijalankan agar anak sekolah terlindungi,” Rudy Susmanto, Senin (29/1/2024).

Baca Juga : Meski Hujan Bunda Ashanty dampingi Anang Hermansyah Blusukan di Kecamatab Bojonggede


Rudy menilai, salah satu upaya agar generasi muda terhindar dari narkoba memang harus dimulai dari tingkat pendidikan paling dasar yakni SD dan SMP. Karena, di kedua jenjang pendidikan inilah remaja memasuki masa transisi, sehingga harus ada pemahaman yang baik soal bahaya narkoba


“Memang harus ada upaya preventif untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkotika dan obat obat terlarang,” nilainya.


Dihidupkannya kembali Satgas penanggulangan pencegahan penyalahgunaan narkoba, untuk mencegah narkoba masuk ke lingkungan sekolah. Menurut Wakil Sekjen DPP Gerindra itu bisa dijadikan sebagai upaya pencegahan jangka panjang.


“Satgas narkoba ini harus dioptimalkan agar benar-benar bekerja dalam mensosialisasikan dan melakukan pencegahan peredaran narkoba,” ungkapnya.


Lebih lanjut, Rudy menyarankan setiap sekolah juga memperbanyak kegiatan ekskul atau lomba supaya anak-anak memiliki keahlian.


“Anak-anak kita harus diarahkan untuk melakukan kegiatan positif seperti menyalurkan hobinya dan sekolah harus memfasilitasinya,” tukas Rudy Susmanto.


Beberapa waktu lalu, Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu bersama ribuan Kepala SD dan SMP se-Kabupaten Bogor mendeklarasikan Sekolah Bersinar.


“Kepsek memiliki peran strategis untuk mengajarkan sejak dini mengenai pencegahan. Pencegahan harus kita lakukan tidak harus menunggu terpapar, tetapi sejak dini harus mulai bergerak melakukan antisipasi. Jika ingin lingkungan sekolah, pemerintah desa, pemerintahan Kabupaten dan lingkungan masyarakat serta terwujudnya Kabupaten Bogor bersih narkoba maka pencegahan harus dilakukan sejak dini,” tegasnya.