BOGOR, CEKLISSATU - Sebanyak 6.903 warga di lima desa di wilayah Barat Kabupaten Bogor, sulit mendapatkan air bersih akibat kekeringan.

BPBD mencatat ribuan warga tersebut terdapat di dua kecamatan di wilayah barat. Yakni Nanggung dan Kecamatan Jasinga.

Staff Kedaruratan dan Logistik (Ratik) BPBD Kabupaten Bogor, Jalaludin mengatakan, kondisi yang terjadi sejak 3 Juni lalu itu diduga diakibatkan adanya penurunan intensitas hujan di wilayah Kabupaten Bogor belakangan ini.

"Dikarenakan intensitas hujan yang menurun di wilayah tersebut, sehingga mengakibatkan sumber mata air warga berkurang dan warga kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih setiap harinya," jelasnya, Senin 12 Juni 2023.

Baca Juga : Shin Tae-yong Ngarep Tuah Surabaya Saat Hadapi Palestina

BPBD Kabupaten Bogor pun memberikan bantuan air bersih ke lima desa tersebut. Jalal mengklaim bahwa bantuan itu sudah dilakukan sejak sepekan yang lalu.
 
"Sebelumnya kami telah memberikan bantuan 65 ribu liter air bersih untuk 5.263 warga Desa Curug, Desa Neglasari Kecamatan Jasinga dan Desa Kalong Liud Kecamatan Nanggung. Kini kami kembali mengirimkan bantuan 10 ribu liter air bersih untuk 1.640 warga Desa Pangradin dan Desa Pangaur di Kecamatan Jasinga," jelasnya.

Dalam bantuan air bersih tersebut, Jalal merinci bahwa di Desa Pangradin, Kecamatan Jasinga, tepatnya di RW 01, bantuan 5.000 liter air diberikan untuk 1.129 jiwa atau 283 Kepala Keluarga (KK).

Sedangkan untuk di wilayah Desa Pangaur, BPBD telah mengirimkan bantuan air bersih sebanyak 5.000 liter untuk 511 jiwa atau 124 KK.

ERUL