BOGOR, CEKLISSATU - Bupati Bogor, Iwan Setiawan menjanjikan relokasi untuk para pedagang di Pasar Leuwiliang yang kiosnya terbakar.

"Kami minta pasca kebakaran itu dikaji untuk rencana relokasi," jelas Iwan, Kamis 28 September 2023.

Iwan mengaku telah menginstruksikan 
tim Perumda Pasar Tohaga untuk segera melakukan penanganan dampak bencana kebakaran yang terjadi di Pasar Leuwiliang tersebut.

Baca Juga : Perumda Tohaga Diminta Lakukan Kajian Pasca Kebakaran Pasar Leuwiliang 

"Saya sudah instruksikan Tohaga untuk langsung bergerak. Dan saat ini kami terus berkoordinasi dengan tim Perumda Pasar Tohaga berkenaan dengan rencana penanganan dampak kebakaran," jelasnya.

Diketahui, kebakaran Pasar Leuwiliang yang terjadi pada Rabu malam sekitar pukul 20.00 WIB itu melahap ratusan kios yang ada di pasar tersebut.

Berdasarkan data dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Bogor, untuk jumlah kios yang terbakar itu ada sekitar 550 dari total 590 kios yang ada.

Kemudian untuk los pasar dari total 641 yang terbakar sebanyak 580 los. Sementara dari total 835 awning, yang terbakar berjumlah 450 dan Pedagang Kaki Lima (PKL) sebanyak 35.

Dalam proses pemadaman, Pusdatin Damkar Kabupaten Bogor menerjunkan sekitar 16 unit mobil pemadam kebakaran yang terdiri dari Sektor Leuwiliang 3 unit, Sektor Ciawi 2 unit, Sektor Ciomas 2 unit, Sektor Citereup 2 unit, Sektor Parung 1 unit, Sektor Cibinong 2 unit, unit Rescue 1 unit, perbantuan damkar kota Bogor 1 unit dan perbantuan air BPBD 2 unit.  

Kemudian, petugas juga menerjunkan puluhan petugas Damkar yang terdiri dari 50 orang anggota damkar, 6 orang rescue dan 10 orang relawan damkar untuk memadamkan api yang membakar puluhan kios di Pasar Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

"Peristiwa kebakaran yang terjadi pada kios yang menyediakan sembako, sayuran dan buah-buahan itu dilaporkan sekitar pukul 20.00 WIB saat pasar tersebut sedang tidak beroperasi dan tidak menimbulkan korban jiwa," jelas Iwan.

Api berhasil dipadamkan oleh tim dari pukul 20.30 WIB hingga pukul 12.00 WIB Kamis. 

ERUL