BOGOR, CEKLISSATU - Gerakan membagikan bendera merah putih di Kabupaten Bogor juga dilakukan oleh jajaran Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor.

Kemarin, bertempat di Desa Pamegarsari, Kecamatan Parung, Sekretariat DPRD Kabupaten Bogor membagikan sebanyak 500 bendera merah putih kepada masyarakat.

Kepala Sub Bagian TU dan Kepegawaian Sekretariat DPRD Kabupaten Bogor, Surya Ahmad Maulani mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut Surat Edaran Plt Bupati Bogor tentang Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih 2023.

Baca Juga : 2.456 Jiwa di Jasinga Terdampak Kekeringan

"Bersama staf, kami membagikan bendera untuk warga yang belum memiliki. Sesuai arahan pemerintah pusat juga bahwa setiap rumah diimbau memasang bendera merah putih selama Agustus ini untuk memperingati Hari Kemerdekaan," kata Surya dalam keterangan tertulisnya.

Tak hanya dibagikan secara pintu ke pintu itu, pembagian bendera ini juga menyasar kepada para Pedagang Kaki Lima (PKL) di wilayah tersebut.

"Ini demi terus memupuk rasa nasionalisme," jelas Surya.

Diketahui, pembagian bendera merah putih dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor secara serentak di 40 kecamatan.

Deklarasi pembagian itu pun dilaksanakan Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan di kawasan Pasar Cibinong, kemarin.

Iwan menginginkan pembagian bendera ini menjadi momentum untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan kebersamaan.

"Mari kita jadikan momentum gerakan bendera merah putih ini, untuk memperkuat semangat kebersamaan, persatuan kesatuan dalam keberagaman serta memperdalam rasa kecintaan kepada tanah air dan bangsa Indonesia," kata Iwan. 

ERUL/(*)