BOGOR, CEKLISSATU - Puluhan prajurit TNI AU dari Pangkalan Udara Atang Sendjaja (Lanud ATS) aktif melakukan kegiatan bersih-bersih di Vihara Dhanagun dan Vihara Vajrabodhi. 

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian TNI AU Atang Sendjaja terhadap umat Konghucu yang akan merayakan Tahun Baru Imlek pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Danlanud Atang Sendjaja, Marsekal Pertama TNI M. Taufiq Arasj mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah wujud nyata kepedulian TNI terhadap saudara-saudara umat Konghucu.

Baca Juga : PPK Dramaga Tolak Puluhan Orang Mengaku Mahasiswa Hendak Pindah TPS

"Kami melaksanakan kegiatan bersih-bersih di Vihara Dhanagun dan Vihara Vajrabodhi sebagai wujud kepedulian dari TNI khususnya TNI AU terhadap saudara-saudara kita umat Konghucu yang akan merayakan Imlek," ucapnya.

Taufik juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai arahan pimpinan TNI AU, yang menekankan bahwa setiap satuan di daerah harus berkontribusi pada kegiatan yang bermanfaat bagi lingkungan beragama. 

"Ini merupakan wujud toleransi sebenarnya, menunjukkan bagaimana kami mengaplikasikan toleransi antar umat beragama," ungkapnya.

Dalam kegiatan bersih-bersih, 25 prajurit terlibat di area Vihara Dhanagun, sementara 25 prajurit lainnya membersihkan area Vihara Vajrabodhi. Taufik berharap bahwa kehadiran TNI AU di kedua vihara tersebut dapat menyampaikan pesan perdamaian dan persatuan.

Menariknya, kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan di Vihara di Kota Bogor. Taufik mengungkapkan bahwa ini adalah pengalaman menarik bagi para prajurit yang belum akrab dengan klenteng. Ia juga mengakui bahwa Vihara Dhanagun adalah vihara tertua, memberikan pemahaman lebih dalam tentang sejarah dan keragaman.

Taufik menyampaikan terima kasih kepada pihak Vihara Dhanagun dan Vihara Vajrabodhi atas dukungan mereka. "Sekarang, Lanud Atang Sendjaja memiliki enam tempat ibadah, termasuk 2 masjid, 2 gereja, dan 1 pura," ujarnya.

Perwakilan Yayasan Vihara Dhanagun, Rudi Chandra menyambut baik kegiatan bersih-bersih ini. Ia mengucapkan terima kasih kepada Danlanud Atang Sendjaja yang telah menjembatani kegiatan tersebut, sehingga area vihara sekarang menjadi lebih bersih

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berlanjut ke depannya," katanya.