BOGOR, CEKLISSATU - Dua pekan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah, sudah banyak masyarakat yang memutuskan untuk melakukan mudik lebaran ke kampung halaman mereka masing-masing. Namun begitu, warga pun diminta untuk selalu berhati-hati dan waspada pada saat meninggalkan rumah mereka dalam keadaan tak berpenghuni.

Seperti yang diungkapkan Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto. Menurutnya, rumah yang ditinggalkan tak berpenghuni terutama saat momen lebaran nanti, membuka peluang bagi pihak tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindak pidana kriminal.

"Pastikan rumah terkunci dan aman saat ditinggal mudik nanti. Kalau bisa meminta tolong tetangga untuk mengawasi rumah juga,"  tutur Rudy dalam keterangannya, Rabu (27/3/2024).

Baca Juga : Kalahkan Vietnam, Erick Thohir Minta Timnas Indonesia Fokus di Dua Pertandingan Sisa

Rudy menuturkan, meski ditinggal sebentar, rumah kosong bisa mengundang aksi kejahatan pembobolan. Maka kewaspadaan tetap perlu ditingkatkan dan jangan lengah.

"Para pelaku kejahatan selalu memanfaatkan kesempatan sekecil apapun dalam menjalankan aksinya," tuturnya.

Rudy juga mengimbau warga yang tidak mudik beserta aparat keamanan agar bersama-sama menjaga wilayahnya dari tindak kejahatan. Hal itu bisa memberi rasa nyaman bagi warga Kabupaten Bogor yang mudik saat Lebaran.

"Semoga para warga yang mudik bisa meninggalkan rumah mereka dengan tenang dan aman saat kembali," imbuhnya.