BOGOR, CEKLISSATU -- Dorongan terhadap pembangunan dan persiapan pemekaran Bogor Barat, hari ini mendapat respon baik dari Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu yang kebetulan sebagai pejabat di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Hal itu disampaikan tokoh masyarakat Kabupaten Bogor dan juga Bakal Calon Bupati Bogor 2024-2029 H. Ade Ruhandi atau Jaro Ade, usai menghadiri acara halal bihalal Akbar masyarakat Bogor Barat, Sabtu (18/5/2024).

Jaro Ade mengatakan, secara politis tahapan demi tahapan bahwa proses pemekaran sebetulnya sudah selesai, sesuai dengan regulasi aturan dan Perundang-Undangan bahwa Bogor Barat itu menjadi hak prerogatif pemerintah.

"Hak prerogatif dari eksekutif yaitu presiden melalui Kemendagri. Tentu secara politis selama ini, semua parpol dan anggota DPR RI terutama yang berangkat dari Kabupaten Bogor provinsi maupun kabupaten bulat semuanya mendukung pemekaran Bogor Barat. Dan bukan hanya Bogor Barat, tentu Bogor Timur juga," ungkap Jaro Ade kepada ceklissatu.com, Sabtu (18/5/2024).

Baca Juga : Dorong Percepatan Pemekaran Bogor Barat, Pj Bupati Ungkapkan Hal Ini

Meski begitu Jaro Ade menilai, kondisi hari ini Bogor Barat hanya terhambat oleh Moratorium. Sehingga, kalau masih ada Moratorium tidak terlalu banyak yang bisa dilakukan secara administrasi proses pemekaran. Karena kebetulan itu sudah menjadi ramahnya Kemendagri.

"Tetapi untuk semangat pemekaran Bogor Barat maupun Bogor Timur, saya mengajak bersama-sama kepada eksekutif dan legislatif mulailah dari pembangunan sarana dan prasarana yang perlu dibangun di Bogor Barat dan Bogor Timur agar memenuhi persyaratan. Dikala nanti Moratorium dibuka, fasilitas sarana prasarana sudah siap. Mulai dari infrastruktur, kalau tanah sudah ditentukan cepat dibangun. Saya yakin teman-teman anggota DPR di Kabupaten Bogor yang mempunyai hak budgeting itu pasti juga mendukung, mudah-mudahan juga ada support dari provinsi," terang Jaro Ade yang juga aktif sebagai pengurus KADIN Pusat.

Selain itu lanjut Jaro Ade, ia meyakini di dalam komitmen yang dibangun oleh para capres dan cawapres termasuk kemarin yang didukungnya yaitu Prabowo-Gibran punya komitmen yang sama terkait dengan wilayah-wilayah DOB. Bukan hanya di wilayah Bogor Barat, Bogor Timur, dan beberapa wilayah di Indonesia. Tujuannya satu adalah ingin adanya percepatan pembangunan untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat.

"Kami secara internal, karena Ketua Komisi II dari Golkar kami sudah sampaikan kepada Ketua Umum Golkar, dan pak Ketum juga sudah mewanti-wanti kepada Ketua Komisi II dan jajaran untuk mengawal terkait dengan kebutuhan pemekaran Bogor Barat dan Bogor Timur," tutup Jaro Ade yang juga sebagai Wakil Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat ini.