BOGOR, CEKLISSATU - Bupati Bogor, Iwan Setiawan semakin menunjukkan tajinya. Dia tanpa ragu-ragu melakukan mutasi kepada Arif Rahman yang tak lain adalah adik kandung dari Ade Yasin, Bupati yang berpasangan dengannya pada Pilkada lalu.

Arif yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Bogor, dimutasi menjadi Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin).

Iwan pun mengklaim bahwa mutasi tersebut dilakukan agar kinerja Pemkab Bogor lebih baik lagi. Dia mengaku tidak ada unsur politik dalam penentuan siapa dan kemana pejabat ditempatkan.

Baca Juga : Bea Cukai Bogor Musnahkan Jutaan BMMN Ilegal

"Pesannya kepada pejabat baru ya harus siap lah. Harus semangat semuanya. Jangan ada pertanyaan (mutasi dilakukan) karena mau habis jabatan. Tidak harus ada itu," kata Iwan usai melantik pejabat di Gedung Serbaguna, Sekretariat Daerah, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu 15 November 2023.

Arif sendiri diketahui menjadi salah satu dari 11 pejabat eselon II yang dimutasi dan dilantik termasuk open bidding jabatan serupa.

Di antaranya ada Kepala Disdagin, Entis Sutisna yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Bogor. 

Kemudian, Mustakim yang mulanya menjabat sebagai kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bogor, kini menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Administrasi dan Keuangan. 

Sementara, Soebiantoro yang semula menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Bogor, kini ditempatkan di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sebagai Kepala. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor saat ini kosong karena Deni Humaedi dipidahkan menjadi Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan. 

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bogor kini diisi oleh Rusliandy. 

Kemudian, kekosongan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor, kini diisi oleh Mely Kamelia. 

Imam Wahyu Budiana, kini mengisi kekosongan jabatan kepala Dinas di Dinas Koperasi, Usaha kecil dan Menengah (DiskopUKM) Kabupaten Bogor. 

Yunita Mustika Putri kini mengisi kekosongan jabatan di Sekertaris DPRD Kabupaten Bogor dan Herison kini menjabat sebagai Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor.