JAKARTA, CEKLISSATU – Otorita Ibu Kota Negara (IKN) melakukan kolaborasi bersama Universita Indonesia (UI), untuk meningkatkan terobosan dan inovasi baru pengetahuan, pengembangan teknologi dan pengabdian masyarakat.

Kerja sama kedua belah pihak ini nantinya meliputi digitalisasi pembangunan dan pengelolaan IKN. Sedangkan di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

"Selain inovasi pengetahuan dan pengembangan teknologi, kerja sama IKN dan UI ini juga untuk berbagai nature-based solution (solusi berbasis alam) bagi perencanaan dan pembangunan IKN yang modern berkelanjutan," kata kepala Otorita IKN, Bambang Susantono seperti dalam keterangannya, Minggu 14 Mei 2023.

Baca Juga : IKN Bakal Miliki Moda Transportasi MRT

Sementara itu Rektor UI, Ari Kuncoro mengatakan harapannya agar IKN dapat menjadi research headquarters (kantor pusat penelitian) dan tempat para periset dan pengajar dari ragam tempat dunia dan Indonesia untuk berbagi pengetahuan dan melakukan kolaborasi riset.

"IKN dapat menjadi inspirasi bagi para periset untuk menyumbangkan ide dan pikirannya serta hilirisasi riset bagi pembangunan Indonesia," ujar Ari.

Kerja sama IKN dan UI ini juga nantinya pengimplementasian teknologi yang inovatif dan bermanfaat bagi kedua pihak secara proporsional dan efektif terhadap transformasi dan digitalisasi pembangunan dan pengelolaan IKN.

“ Selain itu, juga pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan. Keempat, pengembangan dan peningkatan potensi sumber daya alam melalui penyelenggaraan penelitian dan pengkajian,” tutup bambang.