BOGOR, CEKLISSATU - Forum Studi Mahasiswa Kekaryaan (Fokusmaker) menginisiasi aksi penanaman pohon di Kawasan Gunung Salak Organik (GSO), Kecamatan Tajurhalang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Pada rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-41 Fokusmaker tersebut, diketahui ada sebanyak 4.178 pohon yang ditanam.

Menariknya, dalam kegiatan ini, Fokusmaker juga menggandeng sejumlah pimpinan Partai Politik (Parpol). Tampak hadir, Ketua DPC PPP Kabupaten Bogor yang juga anggota DPR RI yaitu Elly Rachmat Yasin dan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bogor yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor yaitu Wawan Haikal Kurdi (Wanhay).

Baca Juga : BPJS Ketenagakerjaan Tambah Manfaat Layanan buat PMI, Segini Iurannya

Selain itu, hadir juga para Ketua Organisasi Kepemudaan (OKP) se-Kabupaten Bogor, Ketua DPK KNPI se wilayah Bogor Selatan, Forkopimcam Kecamatan Cijeruk dan Kades Tajurhalang serta pegiat lingkungan hidup Hutan Organik. Namun disayangkan Camat Cijeruk tidak hadir pada kegiatan ini tanpa keterangan yang jelas.

Ketua Bakorcab Fokusmaker Kabupaten Bogor, Edi Koswara mengatakan, kegiatan penanaman pohon merupakan wujud kepedulian terhadap alam yang tengah mengalami krisis akibat perkembangan jaman. Hal itu dapat dibuktikan dengan polusi udara yang kian memburuk akhir-akhir ini.

"Saya ucapkan terima kasih kepada para tokoh yang hadir dalam kegiatan ini. Terutama kepada Bu Elly dan Pak Wawan Haikal yang telah menyempatkan waktunya untuk datang dan melakukan penanaman bersama kami. Aksi ini bukan sekedar seremoni tapi juga merupakan bukti nyata kami, kaum pemuda khususnya Fokusmaker, sesuai dengan visi dan misi kami, ikut serta dan mendukung pembangunan Kabupaten Bogor," kata Edi dalam keterangannya, Senin 28 Agustus 2023.

Edi memaparkan, aksi penanaman pohon bertajuk 'Mengabdi dan Dinamis' ini tak lain murni inisiasi para pemuda yang tergabung dalam Fokusmaker sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi alam yang saat ini banyak mengalami degradasi akibat perkembangan jaman.

"Kami ingin, alam Kabupaten Bogor kembali lestari dan tentunya memiliki manfaat bagi hajat hidup orang banyak. Dengan alam yang terjaga dan rindangnya pohon, hutan Kabupaten Bogor tak hanya bisa memberikan kesejukan tapi juga bisa menjaga keseimbangan kehidupan bagi umat manusia," harapnya.

Edi pun memaparkan, angka 4.178 pohon dipilih karena berkaitan erat dengan peringatan HUT ke-41 Fokusmaker serta Hari Kemerdekaan NKRI yang ke-78.

"Semoga dengan kebersamaan dan kepedulian yang selama ini telah terpupuk dengan erat dan solid di kalangan anggota, Fokusmaker Kabupaten Bogor bisa terus memberikan sumbangsih bagi Kabupaten Bogor khususnya, dan Indonesia pada umumnya," ucapnya.

Selain penanaman pohon, di tempat terpisah, Fokusmaker Kabupaten Bogor ini juga diwarnai dengan aksi pengobatan gratis untuk 200 orang warga Desa Tanjungrasa, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor. Aksi ini sendiri digelar di Kantor Desa setempat pada Sabtu pekan lalu.

ERUL/*