BOGOR, CEKLISSATU- Himpunan Mahasiswa Sains Komunikasi (Himakom) Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) Universitas Djuanda (Unida) telah melangsungkan kegiatan Communication on Discuss (COD) Vol. 2 bersama praktisi jurnalis media cetak Inilah Koran yang juga alumni Sains Komunikasi Unida Raden Moch Rizki Mauludi. Kegiatan yang mengusung tema "Youth Journalism 2023: Mengemas Fakta Melalui Feature Bercerita" digelar pada Senin (14/08/2023) secara online.

Ketua Program Studi Sains Komunikasi, Maria Fitriah mengungkapkan bahwa fakultas merasa bangga saat mengetahui mahasiswa-mahasiswinya aktif di kegiatan akademik maupun nonakademik. Bahwa Fakultas juga akan terus mendukung penuh segala kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa-mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Komputer (Fisipkom). 

“Kegiatan ini diharapkan bisa memotivasi mahasiswa dalam bidang kejuruan jurnalistik, karena salah satu kompetisi Sains Komunikasi sendiri adalah dengan menguasai kemampuan seputar jurnalistik ini sendiri,” ujarnya dalam sambutannya. 

Baca Juga : Gelar Sosialisasi Kawasan Tanpa Rokok, Duta Maritim Indonesia III Aspeksindo Hadir di Car Free Day Monas


Perlu diketahui bahwa kegiatan Communication on Discuss (COD) Volume 2 ini merupakan kegiatan lanjutan dari Communication on Discuss (COD) Vol1 yang diselenggarakan bulan April lalu dan membahas keilmuan Public Relations. Pada volume kali ini, kegiatan COD Vol 2 membahas seputar keilmuan bidang Jurnalistik dengan berfokus tentang feature news. 

Dalam waktu yang sama, Wakil Ketua Himpunan Sains Komunikasi, Nadiya Anggraeni berharap dengan diadakannya diskusi ini bisa membangun kepercayaan diri mahasiswa dalam membuat feature news sehingga bisa menjadi jurnalis yang andal. 


"Menulis berita itu asyik dan menyenangkan, teman-teman. Jadi aku harap teman-teman semua bisa menyerap banyak ilmu selama acara ini," katanya. 

Adapun pembicara yang diundang pada kegiatan kali ini adalah R. Moch. Rizki Mauludi yang disapa Kak Rizki, seorang reporter dari Inilah Koran yang banyak membagikan wawasannya mengenai feature news serta pengalamannya menjadi seorang reporter media cetak. 

“Kreativitas ini adalah salah satu poin penting dalam penulisan feature news agar tulisan yang kita sampaikan bisa menarik perhatian pembacanya. Karenanya, teman-teman semua harus mengasah kreativitas dengan banyak-banyak membaca buku dan mendapatkan pengalaman,” ungkap Rizki. 

Hal ini seiring dengan harapan Ketua Pelaksana kegiatan COD, Nurul Assyifaturohmah, yang menyampaikan bahwa acara Communication on Discuss Volume 2 bertujuan untuk menambahkan wawasan atau pengetahuan mengenai dasar-dasar jurnalistik, terlebih lewat bentuk tulisan feature news yang unik dan berbeda dari penyampaian berita seperti straight news. 

“Semoga dengan mengikuti acara ini bisa memotivasi teman-teman semua untuk berani menulis feature news serta memberikan pengetahuan lebih mengenai cara meliput sampai tata cara penulisannya,” ujar Nurul.

Salah satu peserta acara mengungkapkan semangat dan kesannya selama mengikuti acara.


"Sesi diskusinya seru karena beneran ngobrol sama pembicara yang ahli di bidangnya dan aku jadi makin tahu soal feature news itu apa dan tips-tips penulisannya," ujarnya.