BOGOR, CEKLISSATU - Pemerintah Kota Bogor meresmikan pembangunan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kelurahan Kayumanis yang dibarengi dengan penandatanganan prasasti peresmian pembangunan Puskesmas Lawang Gintung dan Labkesda Kota Bogor. Penandatanganan dilakukan oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya dan didampingi oleh Anggota Komisi IV DPRD Kota Bogor Lusiana Nurissiyadah pada Jumat, 29 Desember 2023.

Dengan telah diresmikannya dua Puskesmas baru dan satu Labkesda, Lusiana mengaku akan terus mendorong Pemerintah Kota Bogor untuk mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat dengan melakukan pembangunan dan peningkatan kualitas puskesmas di setiap Kelurahan.

"Kami dari DPRD Kota Bogor mengapresiasi Pemkot Bogor atas peresmian ini. Namun, peresmian ini bukan garis finish tetapi ini menjadi langkah awal untuk Pemkot Bogor terus mendekatkan layanan kesehatan untuk masyarakat," jelasnya.

Baca Juga : Menilik Teras Sukasari, Perumda Tirta Pakuan Bakal Tambah Spot Menarik

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, saat ini baru ada 25 Puskesmas di Kota Bogor dan dipastikan akan ada lagi penambahan di tahun berikutnya. Lusiana pun mengaku akan terus mengawal penambahan pembangunan Puskesmas di Kota Bogor melalui APBD yang mana telah diamanatkan anggaran untuk sektor kesehatan minimal 10 persen.

Lusiana juga menekankan keberadaan Puskesmas merupakan ujung tombak dari layanan kesehatan di Kota Bogor. Disamping juga menjadi epicentrum dari pemberdayaan masyarakat agar bisa menjalankan gerakan masyarakat sehat (Germas).

"Kami mau anggaran yang disiapkan itu tidak hanya digunakan untuk gaji dan pembiayaan non fisik. Tapi pembangunan dan peningkatan layanan di wilayah yang khususnya belum memiliki Puskesmas," katanya.