BOGOR, CEKLISSATU - Bulan Ramadan selalu menjadi momentum bagi berbagai kalangan untuk meningkatkan silaturahim serta tali persaudaraan. Hal demikian yang juga diupayakan oleh Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) Universitas Djuanda dalam melengkapi bulan suci ramadan dengan mengadakan buka bersama pada Selasa (11/4/2023). Tidak hanya diisi dengan berbuka puasa bersama, FISIPKOM juga lakukan sosialisasi Jabatan Akademik Dosen untuk mendukung Dosen-dosen dalam meraih kepangkatan akademik.

Dekan FISIPKOM Unida Ginung Pratidina menyampaikan bahwa bulan ramadan merupakan bulan penuh berkah, semua ibadah dilipatgandakan pada tahun ini termasuk merajut silaturahim dengan keluarga. 


"Kami ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkuat tali persaudaraan seluruh dosen dan tata usaha. Semoga kekeluargaan FISIPKOM bisa lebih baik dan tentunya lebih prima dalam melayani mahasiswa," katanya.

Baca Juga : Meski Menang 3-0, Pep Guardiola Sebut Bayern Munchen Main Lebih Baik Dibanding Manchester City 

Dekan Ginung menambahkan, pihaknya ingin seluruh Dosen FISIPKOM Unida dapat meraih kepangkatan akademik yang baik dengan memenuhi angka kredit dari setiap kegiatan yang telah dilaksanakan. Untuk itu, dalam kegiatan buka bareng kali ini, FISIPKOM mengundang pihak Direktorat Sumber Daya Insani (DSDI) untuk menyosialisasikan mengenai Jabatan Akademik Dosen (JAD). Hal ini menjadi penting karena pengisiain JAD Dosen maksimal sampai tanggal 30 April 2023.


Kepala Biro Pengembangan Profesi Dosen Andri Brawijaya menyampaikan bahwa isian sister sangat penting dalam proses JAD. Mengenai kewajiban khusus, Dosen Asisten Ahli dan Lektor harus memiliki satu buku atau satu jurnal ilmiah nasional atau internasional. Sementara untuk Lektor Kepala perlu memiliki 3 artikel jurnal terkareditasi peringkat satu atau dua per semester yang berlaku selama tiga tahun. Data jurnal akan tersinkronisasi dari Google Scholar kemudian di Sinta Kemendikbud dan Sister. 

"Bagi jurnal yang sudah terakreditasi akan otomatis tercantum di Google Scholar dan Sinta Kemendikbud. Bila tidak terbaca, berarti harus input manual. Semua dokumen yang diisi harus lengkap. Misalnya penilaian pekerjaan dosen harus melengkapi SK mengajar dan lembar penilaian," katanya. 

Untuk mengetahui dan menginput syarat-syarat sebagai syarat JAD, seluruh dosen wajib membuka website jad.lldikti4.or.id di laptop atau komputer. Bila sudah waktunya untuk naik jabatan, baiknya form usulan JAD dan pengakuan AK diisi. Bila belum, isi pengakuan angka kredit saja. Semua wajib bagi dosen yang sudah memunyai jabatan fungsional (jafung). 

Setiap dosen wajib mengajar dengan total 12 SKS, bagi Jabatan Asisten Ahali dan Lektor nilainya 0,5 dari satu sksnya. Untuk SK dan Lembar nilai baiknya dijadikan satu dahulu di PDF, baru diinput di gdrive dan pranala gdrivenya harus bisa diakses oleh siapa pun. 


Andri menambahkan bahwa mulai Juni 2023 pelaporan dan pengisian JAD harus dilakukan setiap tahun dan kenaikan JAD bisa dilakukan setiap tahun.