JAKARTA, CEKLISSATU – Bertolak ke Perancis, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto mengadakan pertemuan 2+2 bersama Menteri Luar Negeri dan Menteri Angkatan Bersenjata Perancis, untuk membahas peningkatan kerja sama di bidang pertahanan.

Kerjasama itu dalam bentuk melaksanakan program alih teknologi serta akuisisi peralatan pertahanan atau alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang signifikan. Ini berarti hubungan kedua negara akan berjalan untuk jangka waktu yang panjang.

“Kami melihat kerja sama strategis yang sangat baik pada masa mendatang,” kata Prabowo dalam keterangan pers Kemenhan, dikutip pada Minggu 23 Juli 2023.

Baca Juga : Gasak Arsenal , MU Gagah di Pramusim

Prabowo juga mendorong adanya latihan militer bersama antara Indonesia dan Perancis.

Selain bertemu Menlu Perancis Catherine Colonna, dan Menteri Angkatan Bersenjata Perancis Sebastian Lecornu, Prabowo dan Retno juga bertemu Presiden Perancis, Emmanuel Macron di Istana Elysee, Paris.

Dalam pertemuan itu, Prabowo juga membahas soal jual beli alutsista, transfer teknologi, pengembangan dan produksi bersama, hingga soal keamanan.

“Saya ingin menggarisbawahi salah satu prinsip kebijakan pertahanan Indonesia 2020–2024, yaitu mengembangkan dan meningkatkan kerja sama internasional di bidang pertahanan, termasuk bekerja sama dengan negara-negara Pasifik Selatan,” tutup Prabowo.