BOGOR, CEKLISSATU - Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (HIMA-AP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (UNIDA) telah menyelenggarakan kunjungan ke DPR-RI dengan mengangkat tema, "Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Kebijakan Publik" pada Rabu (25/06/2023). 


Dosen FISIP UNIDA, Drs. Denny Hermawan, MA dalam sambutannya menyampaikan, bahwa ini merupakan pengalaman baru bagi Mahasiswa Administrasi Publik untuk mengenal lebih dekat kondisi di DPR RI


"Saya mengucapkan terima kasih ke pihak DPR RI, dan kegiatan ini menjadi suatu pengalaman bagi program studi ADP, salah satu cita-citanya yaitu memiliki kompetensi dalam analisis kebijakan, serta upaya memperkenalkan pembuatan kebijakan atau undang-undang yang dibuat di rumah rakyat, sehingga terbentuknya persentuhan langsung antara mahasiswa dan institusi," jelasnya. 

Baca Juga : Perkuat Kemitraan Internasional, UNIDA Jalin Kolaborasi dengan Universitas Terkemuka di Amerika Serikat


Humas DPR RI, Bapak Holik dalam sambutannya memberikan informasi mengenai kolaborasi kegiatan dengan kampus-kampus, yakni parlemen kampus sehingga Mahasiswa bisa merasakan menjadi anggota DPR RI.


"Saya sambut dengan baik kedatangan Mahasiswa Universitas Djuanda terkhususnya Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik, kita memiliki program yang biasa di lakukan di beberapa kampus yaitu perlemen kampus, mungkin nanti Universitas Djuanda mau mengadakan parlemen kampus bisa menghubungi DPR RI," katanya.


Materi diisi oleh Pranata Humas DPR RI, Indah Kurniasari, S.Sos., M.Kesos. selaku Pranata yang memaparkan materi mengenai fungsi DPR RI


"Fungsi legislatif memiliki 3 dasar, dasar hukum, proses penyusunan dan tindak lanjut. DPR RI punya tim penguji apa yang akan di ajukan di MK tersebut, adanya partisipasi masyarakat dengan cara melalui web DPR RI untuk memberikan masukan kepada DPR RI dan menjadi bahan diskusi di ruang rapat DPR RI," jelasnya.


Kegiatan ini berlangsung dengan sangat antusias. Seperti halnya komentar dari salah satu peserta, Herli Andani. 


"Acara yang amat sangat luar biasa, dapat memberikan pengalaman yang sangat luar biasa pula, sukses selalu dan terima kasih kepada para panitia," ungkapnya.