BOGOR, CEKLISSATU - Jembatan Otto Iskandardinata (Otista) yang belum lama diresmikan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) tengah viral di media sosial lantaran saat hujan deras melanda Kota Bogor, terjadi genangan air di ujung jembatan yang menelan anggaran Rp50 miliar tersebut.

Hal itu terekam dalam video berdurasi 30 detik yang viral di media sosial. Menurut warga sekitar aliran air berawal dari arah Pasar Bogor yang turun menuju Jembatan Otista.

Namun karena lubang drainase sangat kecil menyebabkan aliran air tidak terserap dengan maksimal dan menimbulkan genangan banjir. Dalam video tersebut, terlihat juga genangan air cukup tinggi sekitar 30 centimeter.

Baca Juga : Ruang Bendahara BKPSDM Kota Bogor Ludes Terbakar

Wali Kota Bogor, Bima Arya membenarkan jika penyebab adanya genangan air karena lubang drainase terlalu kecil sehingga aliran air dari arah Pasar Bogor tidak terserap sempurna. 

Juga ada saluran air dari arah pasar yang tersumbat sehingga air dari atas tidak tertampung," ucap Bima dikutip dalam postingan Instagram di akun milik pribadinya pada Sabtu, 30 Desember 2023.

Bima pun meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor untuk segera memperbaiki saluran drainase di sekitar Jembatan Otista.

"Sistem drainase segera diperbaiki. Atensi untuk Bu Kadis @renadf (Rena Da Frina) dan jajaran @dinaspuprkotabogor," katanya.