CIANJUR,CEKLISSATU- Sebanyak 14 warga Kampung Cibeuning, Desa Kanoman, Kecamatan Cibeber, Cianjur, Jawa Barat keracunan makanan usai mengikuti kegiatan maulid Nabi Muhammad, Jumat, 13 Oktober 2023 sore. Korban mengalami mual dan muntah serta diare dan langsung dibawa ke Puskesmas Cibeber untuk diberikan perawatan medis.


Didin Budiman (43) salah satu korban mengatakan, awalnya dia dan para korban lainnya  pada Kamis (12/10) malam pulang membawa makanan acara Maulid Nabi Muhammad. Saat keesokan harinya pada Jumat (13/10) siang, makanan tersebut baru disantap. Namun selang satu jam, korban langsung mengalami mual dan muntah serta diare hingga lemas.


"Kita malamnya dapat makanan dari acara Maulid Nabi dikampung sebelah isinya nasi dan  daging terus juga ada Ika teri. Baru kita makan Jumat Siang itu, gak lama langsung itu stengah dari situ  saya mual muntah ada juga yang langsung menit itu juga mual muntah," ujarnya.

Baca Juga : Puluhan Siswa SD Keracunan Cimin di Bandung Ternyata Positif Kena Bakteri


Sementara itu Kapolsek Cibeber Kompol Aca Nan a Suryadi mengatakan diduga keracunan tersebut  berasal dari makanan basi yang tertutup streofoam dan baru disantap warga pada hari berikutnya.


"CDiduga dari makanan yang basi ya ditutup streofoam karena para korban menyantapnya pada Jumat pagi saat ini sampel makanan sudah kita bawa untuk uji lab," imbuhnya


Dari catatan pihak puskesmas Cibeber ada sembilan orang yang masih dalam perawatan sedangkan lima orang lainnya sudah diperbolehkan pulang dan rawat jalan.