BOGOR, CEKLISSATU - Kedekatan Partai Demokrat dengan Partai Amanat Nasional (PAN) di tingkat pusat terjalin dengan harmonis, bahkan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, PAN dan Demokrat sepakat mengusung presiden yang sama dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Keberhasilan Koalisi Indonesia Maju dalam mengusung presiden hingga kini terpilih yakni Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi prestasi politik. Tak hanya itu, kemitraan politik antaran PAN dan Demokrat pun terjalin di Kota Bogor.

Sekretaris DPD PAN Kota Bogor, Fajari Aria Sugiarto mengatakan bahwa sudah dua periode PAN dan Demokrat selalu bersama dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Bogor tepatnya pada 2014-2024 sehingga pihaknya berharap kebersamaan tersebut bisa dilanjutkan di Pilkada mendatang.

Baca Juga : Pasca Putusan MK Penetepan Prabowo Jadi Presiden, Ini Kata Rudy Susmanto

"Sudah dua periode menjadi partai koalisi di Kota Bogor antara PAN dan Demokrat, tetapi kami kembalikan keputusan akhirnya di tingkat DPP karena setiap partai punya kebijakan masing-masing," ucapnya usai menyerahkan formulir pendaftaran Bacawalkot Dedie A. Rachim di DPC Demokrat Kota Bogor pada Kamis, 25 April 2024.

Kendati demikian, Fajari berharap dengan perjalanan PAN dan Demokrat yang sudah terjalin sebelumnya dapat kembali bersatu (koalisi) di Pilkada 2024.

"Apalagi PAN sudah mempunyai calon Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim serta sudah mendapat rekomendasi juga dari DPP, makanya kita dalami penjajakan ke partai Demokrat. Kita berharap dapat melanjutkan koalisi di Kota Bogor," katanya.