BOGOR, CEKLISSATU -- Ratusan siswa siswi mengikuti prosesi Wisuda Ke-92 dan Kenaikan Kelas Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Leuwiliang Tahun Pelajaran 2023-2024, yang berlangsung di Gedung Dakwah Hj. Sri Sundari Abu Ismoyo, Kabupaten Bogor, Kamis (20/6/2024). 

Kepala MI Muhammadiyah Leuwiliang, Moh. Basyaruddin mengatakan, jumlah siswa yang diwisuda pada tahun ini sebanyak 135 orang.

Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak dibandingkan dengan siswa lulusan pada tahun sebelumnya.

Diketahui, total siswa di MI Muhammadiyah Leuwiliang saat ini mencapai 697 siswa. Dengan jumlah guru, guru mapel, staf hingga karyawan ada 40 orang.

Baca Juga : Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadan 1445 Hijriah Jatuh pada 11 Maret 2024

"Kami ucapkan selamat kepada anak-anak yang telah berhasil di tahapan pembelajaran semester 1 sampai 2 di Kelas 6," ungkap Basyaruddin.

Tahun ini lanjut Basyaruddin tidak ada perankingan. Karena para siswa semua mempunyai prestasi, baik akademik maupun non akademik.

"Kelulusan ditentukan oleh satuan pendidikan masing-masing, dengan mengikuti aturan yang berlaku dari Pendais Kementerian Agama," tutur Basyaruddin.

Sebagai kepala madrasah ia mengaku, merasa bangga walaupun tantangannya untuk bimbingan belajar di Kelas 6 cukup berat.

"Pribahasa nya kalau mengubah benda mati cukup mudah, tetapi mengubah pola pikir seorang anak itu yang luar biasa. Kami sangat bahagia, karena benar-benar mendidik mereka," katanya.

Basyaruddin berpesan, pada semua siswa agar terus melaksanakan apa yang sudah diajarkan para guru.

"Khusunya kewajiban salat lima waktu, membaca Alquran, dan anak perempuan terus pertahankan pakai jilbab. Jadilah kebanggaan buat sekolah, keluarga, dan agama," harap Basyaruddin.

Ia mengatakan, semangat untuk belajar harus terus ditanamkan. Ibarat sebuah rumah pondasi tersebut akan kuat, dan akan terbentuk suatu saat nanti.

"Kami para guru mendoakan agar seluruh siswa menjadi anak-anak yang sukses. Baik bagi dirinya sendiri, bagi keluarga, sekolah maupun agamanya," pungkas Basyaruddin.