YOGYAKARTA, CEKLISSATU - Pebulutangkis tunggal putri China, Xu Wen Jing menjadi juara turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2024.

Berlaga di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Sabtu (7/7/2024), pemain kelahiran 11 Juli 2007 itu naik podium seusai menumbangkan rekan satu negaranya, Yin Yi Qing dua gim langsung dengan skor 21-13, 21-15.

Pada pertandingan ini Xu Wen Jing mengaku senang bisa bermain di hadapan publik Yogyakarta. Banyak fan yang memberikan semangat membuat Xu Wen Jing termotivasi untuk bisa meraih gelar. 

Terbukti di partai puncak performanya sangat baik untuk meraih gelar juara seusai meraih kemenangan dua gim langsung atas rekan satu negaranya dalam tempo 33 menit.

“Senang pasti rasanya bisa menjadi juara di turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2024. Adanya dukungan fan membuat saya termotivasi untuk memberikan yang terbaik. Secara keseluruhan saya senang dengan pencapaian di turnamen ini,” ujar Xu.

Kemenangan Xu Wen Jing di BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 atas Yin Yi Qing membuatnya memperpanjang rekor apik pertemuannya dengan rekan satu negaranya itu. 

Tercatat pada perjumpaan sebelumnya pada perempatfinal turnamen Dutch Junior International 2024, Xu Wen Jing juga meraih kemenangan atas tunggal putri ranking 85 dunia junior itu dengan skor 21-14, 21-17. 

Bagi Xu Wen Jing gelar juara di turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 terasa spesial mengingat pada edisi 2023 hanya finis sebagai semifinalis.

Juara German Junior 2023 itu terhenti langkahnya di empat besar seusai menyerah dari wakil Korea Selatan, Kim Min Ji lewat pertarungan rubber game dengan skor 17-21, 21-17, 16-21.

“Pada edisi sebelumnya saya harus puas menjadi semifinalis. Tahun ini bisa menjadi juara membuat saya senang. Terlebih saya bisa membawa naik baik negara saya di turnamen ini dan melangkah hingga partai final serta menjadi juara,” ujar tunggal putri ranking delapan dunia junior itu.

Dengan hasil ini, Xu Wen Jing meraih gelar keduanya di 2024 seusai sebelumnya berjaya di Dutch Junior International 2024. Saat itu berlaga di Haarlem, Belanda, Xu Wen Jing menjadi juara seusai menumbangkan wakil Thailand, Sarunrak Vitidsarn lewat pertarungan rubber game 13-21, 21-11, 21-18.

Xu Wen Jing berharap raihan di turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 bisa berlanjut pada BWF World Junior Championships 2024 mendatang. Terlebih ajang tersebut akan digelar di publik sendiri di Nanchang, China pada 30 September sampai 13 Oktober mendatang.

“Saya cukup percaya diri menghadapi turnamen BWF World Junior Championships 2024. Setelah ini saya akan fokus untuk meraih gelar di turnamen tersebut,” ujar Xu 

“Tentu tidak mudah karena lawan yang dihadapi dari seluruh dunia. Saya akan mempersiapkan diri dengan baik dengan berlatih lebih keras menghadapi turnamen tersebut,” Xu menambahkan.

China sendiri tercatat menempatkan enam wakil pada final turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2024.

Selain dari sektor tunggal putri, wakil Negeri Tirai Bambu lainnya yang lolos di partai puncak tercatat ada Hu Zhe An (tunggal putra), Hu Ke Yuan/Lin Xian Yi (ganda putra), Chen Fan Shu Tian/Liu Jia Yue (ganda putri), dan Lin Xiang Yi/Liu Yuan Yuan (ganda campuran.