SURABAYA, CEKLISSATU - Usai kalahkan Polda Metro Jaya, tim putri BIN Jakarta meraih juara putaran final four seri pertama PLN Mobile Proliga 2024 pada hari terakhir di GOR Bung Tomo, Surabaya, Minggu (7/7/2024). Pada laga penutupnya, Jakarta BIN mengungguli Popsivo Polwan dengan skor 3-0 (25-13, 37-35, 26-24).

Jumlah kemenangan dan nilai yang dikumpulkan Jakarta BIN sama dengan milik Jakarta Electric PLN, tetapi Megawati Hagestri dan kawan-kawan memiliki rasio yang lebih baik.

Kedua tim, Jakarta BIN dan Electric PLN, sama-sama meraih dua kemenangan dan enam poin. Namun, rasio yang ditetapkan dari Jakarta BIN 1,75. Sedangkan Listrik PLN 1.200.

Jakarta BIN masing-masing menang 3-1 atas Jakarta Electric PLN dan 3-0 atas Popsivo. Sementara Electric PLN menang lawan Popsivo dan Jakarta Petro Enduro dengan skor sama 3-1.

Sebagai juara babak pertama final four, BIN Jakarta berhak membawa pulang hadiah uang pembinaan sebesar Rp 60 juta.

“Hari ini kami bermain lebih solid dan kerja tim berjalan dengan baik. Kami juga sudah mempelajari kekuatan dan kelemahan lawan,” kata asisten pelatih BIN Jakarta, Labib usai laga.

Pada dua pertemuan babak reguler sebelumnya, BIN harus mengakui keunggulan Popsivo dengan skor 0-3 dan 2-3. Pada pertemuan ketiga hari ini, BIN sudah menyiapkan strategi untuk meredam lawannya.

“Serangan mereka lebih sering lewat Voronkova dan Madison, itulah yang kami antisipasi dengan blok-blok yang lebih kuat,” tambah Labib.

Kekuatan blok anak-anak Jakarta BIN sudah terlihat sejak awal set pertama ketika Kara Bajema, Megawati dan Myrasuci memperoleh tiga angka beruntun dari blok untuk memimpin 8-4.

BIN Jakarta juga memanfaatkan kesalahan penerimaan bola pertama lawan untuk melakukan serangan balik. BIN ditutup pada 25-13 Januari.

Popsivo bangkit di set kedua dengan permainan yang lebih cepat dan serangan tajam melalui Irina Voronkova, Madison Kingdon, dan Arsela Nuari. Mereka mengimbangi tekanan Popsivo dan mampu mempertahankan asa hingga skor sama 24-24.

Kedua tim terlibat deuce panjang dan saling bergantian memimpin perolehan angka. BIN sempat mendapat set point 27-26, tetapi Popsivo menahannya 27-27.
Setelah itu, gantian Popsivo mendapat kesempatan menuntaskan set kedua saat unggul 32-31, namun BIN masih bisa mengejar 32-32. Akhirnya BIN mengambil set ini dengan kemenangan 37-35.

Pertarungan sengit kembali terjadi pada set ketiga. Popsivo yang dalam posisi tertekan setelah tertinggal dua set berusaha menekan lawannya lewat Voronkova dan Madison.

Akan tetapi, pemain Jakarta BIN bermain tenang dengan pertahanan solid dan serangan tajam melalui Megawati, Kara Bajema dan Kenia Carcares. BIN memperoleh match point 24-21.

Popsivo belum menyerah, mereka bisa mendapatkan tiga angka beruntun berkat serangan Madison dan kesalahan lawan. Skor sama 24-24 dan kembali terjadi deuce.

Dalam situasi ini, Megawati menjadi pemain pembeda setelah smes tajamnya dari garis belakang tiga meter membawa BIN unggul 25-24. BIN memastikan kemenangan setelah Kara Bajema sukses memblok smes Madison.

“Sejak sebelum masuk lapangan kami sudah optimis bisa meraih kemenangan karena sebelumnya juga sudah mempelajari permainan lawan,” ujar Megawati Hagestri yang menyumbang 11 angka untuk Popsivo.

Sementara itu, asisten pelatih Jakarta Popsivo Polwan, Lardi mengatakan secara keseluruhan timnya sudah bermain maksimal, tetapi lawan lebih jeli memanfaatkan kelemahan yang dimiliki timnya.

“Memang hari ini serangan kami lebih terfokus lewat dua pemain asing sehingga lawan bisa membacanya. Yang jelas, peluang masih ada dan kami akan memaksimalkan tiga laga pada putaran kedua di Semarang,” katanya.

Dalam pertandingan ini, Madison Kingdon menjadi top skor Popsivo Polwan dengan membukukan 23 angka, sementara Voronkova mencetak 22 angka.