EAST RUTHERFORD, CEKLISSATU - Timnas Argentina  berhasil melesat ke babak final Copa America 2024 usai menang 2-0 atas Kanada di MetLife Stadium, Rabu (10/7/2024) pagi WIB.

Gol Tim Tango -julukan Timnas Argentina- diciptakan oleh  aksi Julian Alvarez (22’) dan juga Lionel Messi (51’).

Atas hasil ini Argentina lolos ke babak final Copa America 2024. Di partai puncak, Argentina masih menanti lawannya, yakni pemenang duel Uruguay vs Kolombia yang akan digelar pada Kamis 11 Juli 2024 pukul 07.00 WIB.

Tampil menyerang yang diperagakan kedua tim terjadi sejak awal babak pertama. Timnas Argentina dan Kanada sama-sama bermain dengan intensitas cukup tinggi dalam laga ini.

La Albiceleste -julukan lain Timnas Argentina- membuka peluang pada menit 11 , hampir membobol gawang Kanada. Akan tetapi, tendangan terukur Lionel Messi masih mampu dihalau kiper Kanada dengan baik.

Baru pada menit 22, tim asuhan Lionel Scaloni akhirnya berhasil unggul lebih dahulu atas tim lawan. Kepastian itu didapat usai Julian Alvarez mampu mencetak gol dengan memaksimalkan umpan Rodrigo de Paul pada menit ke-22.

Ketinggalan 0-1, The Canucks -julukan Timnas Kanada- terus menekan pertahanan Argentina. Akan tetapi, barisan pertahanan tim lawan masih cukup kukuh dalam menghalau serangan yang datang.

Sampai akhir babak pertama, tidak ada tambahan gol lagi dalam laga itu. Timnas Argentina sementara waktu unggul 1-0 atas tim lawan.

Memasuki babak kedua timnas Argentina dan Kanada bermain lepas. Timnas Argentina ingin menambah pundi-pundi gol, sedangkan Kanada berambisi segera menyamakan kedudukan.

Justru pada menit ke-51, timnas Argentina berhasil menggandakan keunggulan atas Kanada. Kepastian itu setelah Lionel Messi mencetak gol usai memanfaatkan umpan Enzo Fernandez.

Jual dan beli serangan pun terjadi antara kedua tim. Akan tetapi, memasuki akhir babak kedua, belum ada tambahan gol lagi dalam itu.

Timnas Argentina pun berhasil menang 2-0 atas Kanada. Tim itu pun berhak melaju ke babak final Copa America 2024.

Berikut Susunan Pemain Timnas Argentina vs Kanada di Semifinal Copa America 2024:

Timnas Argentina: Emiliano Martinez, Gonzalo Montiel, Cristian Romero, Lisandro Martinez, Nicolas Tagliafico, Angel Di Maria, Rodrigo de Paul, Enzo Fernandez, Alexis Mac Allister, Lionel Messi, Julian Alvarez.

Pelatih: Lionel Scaloni

Timnas Kanada: Maxime Crepeau, Alfonso Davies, Derek Kornelius, Moise Bombito, Alistair Johnston, Stephen Eustaquio, Ismail Kone, Jacob Shaffelburg, Jonatan Daud, Richie Laryea, Cyle Larin.

Pelatih: Jesse Marsch