Rumania Benamkan Ukraina 


MUNICH, CEKLISSATU - Tim Nasional Rumania berhasil benamkan Ukraina 3-0 di laga perdana Grup E Euro 2024, pada Senin (17/6/2024) malam WIB di Allianz Arena, Munich, Jerman. 

Gol pertama tim berjuluk Tricolorii ini dicetak di babak pertama berkat gol Nicolae Stanciu (29'). Lalu dua gol tambahan tercipta di babak kedua, tepatnya oleh Razvan Marin (53') dan Denis Dragus (57').

Atas kemenangan itu, Rumania untuk sementara pimpin klasemen Grup E, sedangkan Ukraina di dasar klasemen.

Sebetylnya timnas Ukraina tampil menekan sejak menit awal laga.Mereka angsung menggempur pertahanan tim lawan dalam upaya mencetak gol cepat.

Rumania pun merespons tidak tinggal diam begitu saja. Oleh karena itu, mereka juga berupaya memberikan ancaman terhadap lini pertahanan Synio Zhovti -julukan Ukraina.

Sampai pertengahan babak pertama belum ada gol yang tercipta dalam laga itu. Ukraina dan Tricolori -julukan Rumania - masih menjual dan membeli serangan untuk mencetak gol pembuka.

Rumania berhasil unggul lebih dulu atas Ukraina. Kepastian itu usai Nicolae Stanciu mencetak gol pada menit ke-29 dengan memaksimalkan umpan Dennis Man.Tendangan kerasnya di pojok kanan gawang Ukraina tidak bisa di blok kiper lawan.

Sampai akhir babak pertama tidak ada tambahan gol lagi dalam laga itu. Sementara waktu, Rumania masih unggul 1-0 atas tim asuhan Sergey Rebrov.

Memasuki babak kedua baik Rumania maupun Ukraina saling serang. Apalagi buat Ukraina yang sudah kebobolan.Tapi sayang justru Rumania yang berhasil menambah koleksi golnya.

Razman Marin mampu membawa Rumania mengalahkan keunggulan Ukraina pada menit ke-53. Gol itu dia ciptakan lewat sepakan diukur dari luar kotak penalti.

Ukraina semakin terbenam dalam laga itu. Pasalnya, kebobolan mereka ketiga kalinya dari Rumania yang kali ini Danis Dragus mampu mencetak gol pada menit ke-57.

Pada menit ke-72, terjadi pitch penyerbu saat Rumania bertahan dari gempuran Ukraina. Salah seorang suporter Rumania memberikan semangat kepada para pemain dengan memasuki lapangan.

Sampai akhir babak kedua tidak ada tambahan gol dari kedua tim. Rumania pun berhasil menang telak dengan skor 3-0 atas Ukraina

Susunan pemain Rumania melawan Ukraina :

RUmania : Florin Nita, Andrei Ratiu, Radu Dragusin, Andrei Burca, Nicusor Bancu, Marius Marin (Adrian Rus 75)', Dennis Man (Ianis Hagi 62'), Răzvan Marin, Nicolae Stanciu, Florinel Coman (Valentin Mihaila 62'), Denis Dragus (George Puscas 75')

Cadangan : Horatiu Moldovan, Stefan Tarnovanu, Vasile Mogos, Bogdan Racovitan, Adrian Rus, Ionut Nedelcearu, Deian Sorescu, Alexandru Cicaldau, Adrian Sut, Darius Olaru, Valentin Mihaila, Ianis Hagi, George Puscas, Denis Alibec, Daniel Birlige.

Pelatih : Edward Iordanescu

Ukraina : Andriy Lunin, Oleksandr Zinchenco, Mykola Matviyenko, Illia Zabarnyi, Yukhym Konoplia (Oleksandr Tymchyk 72'), Mykola Shaparenko (Roman Yaremchuk 63'), Taras Stepanenko (Volodymyr Brazhko 62'), Mykhailo Mudryk, Heorhii Sudakov (Ruslan Malinovskyi 82 '), Viktor Tsygankov (Andriy Yarmolenko 63'), Artem Dovbyk.

Cadangan : Georgiy Bushchan, Anatolii Trubin, Valeriy Bondar, Oleksandr Tymchyk, Vitaliy Mykolenko, Oleksandr Svatok, Maksym Talovierov, Bogdan Mykhaylichenko, Andriy Yarmolenko, Volodymyr Brazhko, Oleksandr Zubkov, Ruslan Malinovskyi, Serhiy Sydorchuk, Vladyslav Vanat, Roman Yaremchuk.

Pelatih : Sergey Rebrov