VIETNAM, CEKLISSATU - Timnas Indonesia berhasil mengamankan tiket menuju putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia zona Asia, setelah pada leg kedua berhasil menang atas tuan rumah Vietnam dengan skor 0-3 di Stadion My Dinh National, Hanoi, Selasa (26/3/2024). Dengan kemenangan ini, Timnas Garuda mengamankan posisi mereka sebagai runner-up grup F kualifikasi Piala Dunia zona Asia dibawah Irak yang menjadi pemuncak klasemen.

Tiga gol kemenangan tim asuhan pelatih Shin Tae-yong dicetak oleh Jay Idzes (9’), Ragnar Oratmangoen (23’) dan Ramadhan Sanantha (90+8’).

Timnas Indonesia sukses menyentak publik tuan rumah via gol cepat Jay Idzes, yang memanfaatkan umpan tendangan sudut yang dilakukan Thom Haye. Idzes yang muncul dari belakang tanpa penjagaan dari pemain Vietnam, berhasil menyundul bola yang diberikan Haye ke dalam gawang Vietnam.

Baca Juga : Muncul Kabar Diduetkan dengan Anang di Pilkada Bogor, Jaro Ade: Semua Sangat Terbuka

Gol ini menjadi yang pertama kalinya dicetak pemain klub Serie B Italia, Venezia itu untuk Timnas Indonesia.

Di menit ke-23, pemain debutan lainnya yakni Ragnar Oratmangoen juga berhasil mencetak gol perdana. Pemain Fortuna Sittard itu melakukan penyelesaian setelah lolos dari kerubungan empat pemain Vietnam. Tertinggal 0-2, tuan rumah Vietnam mencoba bereaksi.

Tampil didepan publik sendiri, pemain besutan pelatih asal Perancis, Philippe Troussier tampil begitu mendominasi jalannya pertandingan. Terbukti setelah gol kedua timnas Indonesia tersebut, tuan rumah terus membombardir lini pertahanan Indonesia.

Namun, kokohnya benteng pertahanan Indonesia yang digalang trio Jay Idzes, Justin Hubner dan Rizky Ridho itu membuat Vietnam gagal mengejar ketertinggalan mereka hingga peluit babak pertama usai ditiup wasit asal Iran, Alireza Faghani.

Memasuki babak kedua, tempo pertandingan masih terus berjalan dengan cepat. Khuat Van Khang dkk juga tidak menurunkan permainan menekan mereka ke lini pertahanan Indonesia.

Tendangan Bui Hoang Vien Anh masih melambung di atas mistar gawang Indonesia.

Indonesia menyerang balik lewat Ragnar Oratmangoen. Meski bisa menembus kotak penalti lawan, Ragnar tak mendapat ruang tembak setelah ditutup oleh dua pemain Vietnam.

Ragnar Oratmangoen kembali menembus pertahanan Vietnam. Namun penyelesaian akhirnya masih belum tepat sasaran.

Indonesia menambah keunggulan di injury time tempatnya menit ke-90+8. Ramadhan Sananta menyambar bola muntah dari sundulan Egy yang membentur tiang untuk menjebol gawang Vietnam.

Indonesia saat ini menempati peringkat kedua klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona AFC. Pasukan Shin Tae-yong ini selanjutnya akan menghadapi Irak pada 6 Juni.