BOGOR, CEKLISSATU – Berdasarkan hasil pemantauan pasca gempa Garut Magnitudo 6,5 yang terjadi pada Sabtu (27/4/2024), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mengungkapkan bahwa ada sejumlah rumah terdampak gempa.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor, Agus Suyatna menyebutkan, terkait gempa Garut dirasakan di 15 kecamatan di Kabupaten Bogor.

Yaitu Kecamatan Cibinong, Sukaraja, Gunung Putri, Ciomas, Taman Sari, Ciawi, Caringin, Cigombong, Megamendung, Cisarua, Sukajaya, Nanggung, Leuwiliang, Bojonggede, dan Jonggol.

Baca Juga : Pasca Gempa Garut, BMKG Minta Masyarakat di Daerah Ini Waspada Potensi Longsor dan Banjir Bandang

Dari kondisi tersebut lanjut Agus Suyatna, laporan yang masuk ada dua kecamatan yang terdampak gempa, yakni Nanggung dan Caringin.

Ft Gempa 2 Kec Caringin.webp
CEK LOKASI: TRC BPBD Kabupaten Bogor melakukan pengecekan terhadap rumah warga yang mengalami kerusakan bagian dinding retak, dampak dari Gempa Garut Magnitudo 6,5 terjadi beberapa waktu lalu. FOTO: BPBD FOR CEKLISSATU.COM

“Pendataan terus kami lakukan. Dan kami minta masyarakat untuk lebih waspada juga dengan hujan disertai angin ekstrem, yang akhir-akhir ini sering terjadi sore hari,” ungkap Agus Suyatna kepada ceklissatu.com, Senin (29/4/2024).

Diketahui, berdasarkan laporan hasil pantauan Pusdalops-PB BPBD Kabupaten Bogor, rumah rusak akibat gempa terjadi di Desa Cisarua Kecamatan Nanggung, di antaranya di RT04/05 Kampung Langkob, RT01/02 Kampung Citumbuk, RT01/01 Kampung Cihiris, dan RT01/10 Kampung Cimaja.

Baca Juga : Gempa Garut Magnitudo 6,2, BNPB: 110 Rumah Rusak dan 75 Kepala Keluarga Terdampak

“Unit rumah yang terdampak yaitu rusak ringan dan sedang bagian dinding retak, tidak ada korban jiwa. Kebutuhan dasar saat ini adalah logistik tanggap darurat dan terpal,” ungkapnya.

Untuk situasi terkini, kerusakan pada bangunan rumah belum diperbaiki. Dan dibutuhkan penanganan lebih lanjut dari dinas terkait.

Sedangkan untuk rumah yang terdampak gempa di Desa Pancawati Kecamatan Caringin ada di RT01, 03/12 Kampung Cipare, RT01/08 Kampung Pasir Tengah, RT03/04 Pasir Kudu, dan RT02/02 Leuweung Larangan.

Diketahui, ada kerusakan pada bagian dinding kamar tidur, dan untuk tiang penyangga atau kuda-kuda patah.