JAKARTA, CEKLISSATU - Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit Jakarta Barat terdiri dari Pemkot Jakarta Barat, pengusaha, dan serikat buruh kompak menggelar kegiatan peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day 2023. Menariknya, kegiatan May Day tersebut bukanlah aksi unjuk rasa, melainkan aksi sosial, seperti donor darah, pembagian sembako, dan bantuan untuk anak yatim. 

Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Wali Kota Jakrta Barat. 

”Alhamudillah untuk Hari Buruh Internasional atau May Day kali ini kita peringati bersama bapak Wali Kota Jakarta Barat juga para serikat buruh,” ungkap Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Grogol Rommu Irawan.

Menurutnya Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Grogol dan Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Grha berkontribusi 600 paket sembako dalam peringatan May Day 2023 di Jakarta Barat.

”Satu paket sembako berisi beras, minyak goreng, tepung terigu, dan sejumlah bahan makanan pokok yang lainnya,” jelas Rommi.

Dirinya berharap bantuan sembako tersebut sedikit dapat meringankan buruh dan keluarganya di tengah perekonomian yang baru mulai pulih dari dampak Covid-19. Di lain pihak, Rommi berharap, dalam May Day 2023 ini dirinya mengapresiasi perjuangan buruh dalam rangka meningkatkan kesejahteraan hidup mereka. 

IMG-20230519-WA0003.jpg
Peringatan Hari Buruh Internasional dok BPJS


Menurutnya, memang hak semua orang untuk meningkatkan kesejahteraan.

”Saya berharap betul tidak ada satu pun buruh yang tidak mendapatkan perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan. Karena perlindungan BPJS Ketenagakerjaan  adalah hak seluruh pekerja di Indonesia,” kata Rommi.

Untuk itu dalam momen May Day 2023 semua pihak bersama-sama menyatukan semangat untuk kesejahteraan pekerja Indonesia melalui perlindungan program BPJS Ketenagakerjaan. 

”Satukan semangat sejahterakan pekerja Indonesia,” ungap Rommi. 

Sementara itu Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto mengatakan peringatan May Day di Jakbar yang melibatkan pemerintahan kota Jakarta Barat, perwakilan perusahaan, dan buruh adalah hal yang luar biasa. 

”LKS Tripartit merupakan upaya jalur komunikasi aktif antara pengusaha dan pemerintah untuk kesejahteraan buruh,” kata Uus. 

Uus berharap serikat buruh menyampaikan aspirasi melalui LKS Tripartit.  Yaitu tentang bagaimana buruh memperjuangkan hidup yang lebih sejahtera, bahagia, dan nyaman. 

”Mudah-mudahan apa yang jadi menjadi harapan kita semua dapat terpenuhi dengan baik. Asal harapan itu sesuai dengan batas-batas kewajaran,” kata Uus.  

Dirinya meminta pengusaha di Jakarta Barat memperhatikan nasib pekerja buruh. Sebaliknya para pekerja juga harus memahami situasi usaha yang dihadapi. 

”Di Jakarta Barat kita harapkan LKS Tripartit bisa kerja sama saling memahami. Jangan ada ekspektasi terlalu tinggi yang malah menjadikan harapan tidak bisa diwujudkan,” ungkap Uus. 

Menurut Uus yang paling penting baik pengusaha dan pekerja mampu untuk menyesuaikan diri menghadapi tantangan dunia usaha yang cepat berubah. ”Kita harus mampu mengubah cara berpikir untuk menangkap segala peluang ekonomi setelah Covid yang sebelumnya berdarah-darah, banyak perusahaan bangkrut, dan PHK. Untuk 2023 ini mari kita songsong kehidupan yang lebih baik dan  insyaallah semakin membaik,” tegas Uus.