BOGOR, CEKLISSATU - Bupati Bogor, Iwan Setiawan menegaskan akan melakukan pengecekan setiap rumah sakit di wilayahnya pasca peristiwa bayi tertukar.

Iwan menyebut pengecekan rumah sakit termasuk rumah bersalin dilakukan untuk mencegah peristiwa serupa terjadi kembali di kemudian hari.

"Ya kami akan lakukan pengecekan ke rumah sakit termasuk rumah bersalin ya. Kami akan lihat treatment mereka seperti apa saat proses persalinan. Kami juga akan undang mereka untuk pembahasan," jelas Iwan di sela penyerahan bayi tertukar di Mako Polres Bogor, Jumat 29 September 2023.

Baca Juga : Bayi Tertukar di Bogor Resmi Diserahkan ke Orang Tua Biologis

Tak hanya itu, Iwan juga menegaskan akan membuat satu agenda pelatihan terhadap orang-orang yang bekerja dan terlibat dalam proses persalinan di rumah sakit ataupun rumah bersalin tersebut.

"Saya sudah sampaikan ke Kapolres terkait hal ini. Kami akan membuat satu pelatihan kepada pegawai rumah sakit (bersalin). Salah satunya permasalahan tentang anak," jelas Iwan.

Diketahui, siang tadi di Mako Polres kedua orang tua biologis bayi tertukar, Dian dan Siti bertemu secara resmi mengembalikan bayi mereka masing-masing.

Penyerahan bayi yang difasilitas Polres Bogor itu disaksikan langsung oleh Menteri PPA, Bintang Puspayoga.