JAKARTA, CEKLISSATU – Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Helda's Snack berhasil tembus angka fantastis, yaitu senilai Rp 7,6 miliar.

UMKM Helda's Snack itu diekspor ke Arab Saudi, yang dilepas langsung oleh Menteri Perdaganan (Mendag) Zulkifli Hasan pada Jumat 10 Februari 2023.

"Alhamdulillah, kami melepas ekspor dari UMKM ke Arab Saudi. Nilainya tadi US$ 450 ribu (sekitar Rp 6,8 miliar) lebih, hampir US$ 500 ribu (sekitar Rp 7,6 miliar)," kata Zulhas, sapaan akrabnya.

Baca Juga : Dukung UMKM, BPOLBF Hadirkan Kompiang di Penerbangan Garuda 

Zulhas mengatakan, surplusnya tidak sedikit, sebesar USD 54,5 M (sekitar Rp 828,5 triliun), di mana sebagian besar berasal dari pelaku UMKM. Oleh karena itu, pelaku UMKM adalah pahlawan Indonesia.

Zulhas mengucapkan terima kasih kepada anak perusahaan Pos Indonesia, PT Pos Logistik Indonesia atau Pos Logistics, yang telah membantu memfasilitasi pelaku UMKM dengan menyediakan warehouse atau gudang.  

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen)Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Didi Sumedi menjelaskan perihal ekspor tersebut. Di mana nantinya produk-produk UMKM itu akan didistribusikan di toko-toko retail di Arab Saudi. 

Adapun ekspor Indonesia ke Arab Saudi lebih banyak produk kendaraan roda empat, bahan kimia, dan kertas. Sedangkan produk makanan dan minuman sedang diupayakan oleh Kementerian Perdagangan. Dia pun membeberkan penyebabnya.

"Standar di sana dari SEDA (Otoritas Pengembangan Ekspor Saudi) memang berat. Bagaimanapun kita harus coba memenuhi, yang sedang kita upayakan ada semacam MRA (Pengaturan Saling Pengakuan)," tutup Didi.