BOGOR, CEKLISSATU - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memastikan bahwa tidak akan menyediakan program mudik gratis pada perayaan Lebaran tahun 2024. 

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengatakan bahwa meskipun tidak ada program resmi mudik gratis dari pemerintah kota.

"Untuk mudik gratis dari pemkot tidak ada, namun sudah ada pembicaraan dengan berbagai pihak seperti BJB, Perumda Tirta Pakuan dan perusahaan lainnya untuk mencari alternatif penyediaan mudik gratis bagi masyarakat," ucapnya pada Rabu, 20 Maret 2024.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Marse Hendra Saputra menyebut bahwa program mudik gratis tidak akan dilaksanakan oleh Pemkot Bogor lantaran program Mudik Lebaran Gratis biasanya kewenangan dari Kementerian Perhubungan dan akan dilaksanakan di beberapa titik yang telah ditentukan oleh pihak berwenang.

Baca Juga : Cek Kesiapan Mudik Lebaran 2024, Komisi V DPR RI Akui Terminal Baranangsiang Kondisinya Tidak Layak

"Untuk tahun ini kita tidak ada (mudik gratis), tapi pelaksanaannya hanya dilaksanakan di Kabupaten ada beberapa titik yang ditentukan oleh Kemenhub," jelasnya.

Kemungkinan, lanjutnya, program mudik gratis melalui Corporate Social Responsibility (CSR) juga tidak akan tersedia seperti tahun sebelumnya. 

Marse mengaku pihaknya belum menerima arahan lebih lanjut dari pimpinan, Pemkot Bogor secara pasti tidak merencanakan penyelenggaraan mudik gratis.

"Kemungkinan dengan CSR pun tidak ada seperti tahun lalu, dan belum ada arahan lebih lanjut, yang pasti kita tidak merencanakan melaksanakan mudik gratis," ujarnya.

Kendati demikian, sambungnya, beberapa organisasi dapat menyelenggarakan program mudik gratis secara mandiri, tetapi informasi resmi terkait hal itu pihaknya belum menerima.

"Kita lihat ada beberapa organisasi yang melaksanakan (mudik gratis) secara mandiri, tapi informasi secara resmi belum masuk kepada kami," tegasnya.

Marse menambahkan bahwa Terminal Baranangsiang akan menjadi titik utama untuk pemberangkatan angkutan Lebaran. "Kalau nanti pada saat titik pemberangkatan, Terminal Baranangsiang ini menjadi titik utama," katanya.