CIANJUR,CEKLISSATU - Pembangunan RSUD Sindang Barang, Kecamatan  Sindang Barang, Cianjur, Jawa Barat terbengkalai sejak tahun 2011 lalu. Padahal, rumah sakit itu merupakan  akses terdekat warga dari lima kecamatan di Cianjur  selatan, karena selama ini sakit kronis harus di rujuk ke RSUD Pagelaran atau ke RSUD Sayang. Cianjur Kota.


Bupati Cianjur Herman Suherman menjelaskan, saat pembangunan rumah sakit tersebut saat dirinya masih menjabat sebagai wakil Bupat Cianjur. Namun, dirinya juga sudah mengusulkan kepada Ridwan Kamil saat itu masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, sebagai Rumah Sakit Provinsi Jawa Barat karena berada di jalur strategis Cianjur Selatan.


“Saya saat itu, mengusulkan ke Pak Ridwan Kamil saat masih menjabat Gubernur untuk menjadikan rumah sakit ini sebagai Rumah Sakit Provinsi Jawa Barat karena berada di jalur strategis Cianjur Selatan,” ujarnya, Kamis, 09 November 2023.

Baca Juga : Konvoi Bantuan Kemanusiaan Palang Merah Internasional Sempat Diserang


Masih kata Herman, saat rumah sakit tersebut rakan rampung pengerjaanyanya pihaknya belum siap untuk ketersedian aat kesehatan dan sumber daya manusianya. Namun Herman nantinya akan mendorog kembali ke Provinsi Jawa Barat untuk merampungkan pembangunannya


“Saat pengerjaannya sudah mau selesai ternyata kami belum siap untuk alkesnya dan SDMnya tapi nantinya saya akan mendorong kembali ke Provinsi untuk merampungkan pembangunan rumah sakit tersebut,” imbuhnya.


Herman juga menghimbau, warga khusunya di Cianjur selatan, fasllitas ditiap Puskesmas di tiap kecamatan sudah tersedia rawat inap dan fasilitas penunjang  kesehatan lainnya. Namun jika ada pasien yang  tidak bisa diangani  puskesmas karena penyakit kronis, bisa dirujuk ke RSUD Pagelaran atau RSUD Sayang Cianjur Kota.


“Tapi jangan khawatir Puskesmas di tiap kecamatan di Cianjur Selatan saatini sudah tersedia rawat inap dan penunjnag kesehatan lainnya, namun jika tidak tertangani di puskesmas bisa di rujuk ke RSUD Pagelaran dan RSUD Sayang,” pungkasnya.


Sekedar informasi, dari letak Rumah Sakit Sindang Barang ini berdekatan dengan lima kecamatan di Cianjur Selatan yakni Kecamatan Sindang Barang, Kecamatan, Cidaun, Kecamatan Agrabinta, kecamatan Naringgul da Kecamatan Leles.